Ilustrasi Jus Buah (Foto: ndtv.com)

Banyak orang, terutama mereka yang menderita diabetes dan yang resisten insulin, tentu sangat membatasi konsumsi gula, termasuk jus buah 100 persen tanpa kandungan gula. Gula buah juga dianggap dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun ternyata penelitian terbaru mengungkap bahwa hal tersebut tidak benar.

Jus buah 100 persen atau tidak ada tambahan gula, ternyata tidak memiliki efek signifikan terhadap gula darah, insulin darah puasa, atau resistensi insulin. Penelitian tersebut telah dipublikasikan pada Nutritional Science.

Penemuan tersebut mendukung penelitian sebelumnya mengenai kaitan jus buah dengan gula darah dan risiko peningkatan diabetes.

Penelitian dilakukan secara komprehensif secara kuantitatif menilai hubungan antara jus buah 100 persen dan kontrol glukosa darah. Mencakup 18 uji coba terkontrol untuk mengevaluasi dampak jus buah dari apel, berry, jeruk, anggur dan delima.

Menurut American Diabetes Association, sekitar 90% dari 29 juta kasus diabetes pada orang dewasa dan anak-anak di Amerika Serikat dianggap Tipe 2. Tipe 2 Diabetes adalah kelainan metabolik dimana tubuh tidak dapat merespons insulin. Garis pertahanan pertama untuk mencegah dan mengobati Diabetes Tipe 2 mengikuti gaya hidup sehat. Makan dengan benar, berolahraga secara teratur dan tetap pada berat badan yang sehat dianjurkan.

Pedoman Diet AS merekomendasikan konsumsi pola makan sehat yang meliputi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak atau bebas lemak dan berbagai makanan protein. A 4-oz. segelas jus 100 persen dihitung sebagai satu porsi (1/2 cangkir) buah, dan bisa melengkapi buah utuh untuk membantu individu menambahkan lebih banyak hasil pada makanan mereka.[Ricky]