Ketua KPU Rejang Lebong Restu Wibowo

Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Tahapan pendaftaran Calon Bupati/Calon Wakil Bupati Rejang Lebong akan dimulai pada tanggal 4-6 September 2020.
Disampaikan Ketua KPU Rejang Lebong Restu Wibowo pendaftaran dan persyaratan pencalonan ini diatur melalui ketentuan pasal 38 ayat (1) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebagaimana telah diubah, terakhir dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2020 tentang Perubahan ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 dan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Bupati dan Wakil Bupati danlatau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020 sebagaimana telah diubah, terakhir dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik lndonesia Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan. Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020.

“Persyaratan pencalonan melalu jalur Partai Politik yakni persyaratan pencalonan dari Partai Politik atau gabungan Partai Politik sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong Nomor : 72/PL.02.1-Kpt/1702/KPU KaleII/2020 tentang Penetapan Persyaratan Pencalonan untuk Partai Politik atau Gabungan Partai Politik Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2020, Jumlah Minimal Perolehan Kursi dan Perolehan Suara Sah Partai Politik sebagai Syarat Pencalonan Pasangan Calon dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong Tahun 2020 yaitu Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang memperoleh paling sedikit 20 persen atau paling sedikit 6 (enam) kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejang Lebong Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019,” kata Restu, Kamis (27/8/2020).

“Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang memperoleh paling sedikit 25 % (dua puluh lima persen) atau paling sedikit 38,448 suara sah dari akumulasi perolehan suara sah seluruh partai politik yang memperoleh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejang Lebong Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019” kata Restu.

Restu juga menyampaikan, untuk jalur Perseorangan bagi bakal pasangan calon Perseorangan yang dinyatakan memenuhi syarat jumlah dukungan dan sebaran berdasarkan rekapitulasi dukungan dapat mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2020.

Terkait waktu dan tempat pendaftaran, Restu menyampaikan masa pendaftaran paling lama 3 (tiga) hari dimulai sejak tanggal 4 sampai 6 September 2020.

“Hari pertama dan hari kedua (4 September dan 5 September 2020) pendaftaran dilaksanakan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Hari ketiga (6 September 2020) pendaftaran dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB. Tempat Pendaftaran di Kantor KPU Kabupaten Reiang Lebong (Jl. Basuki Rahmat Nomnr19 Kelurahan Dwi Tunggal Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong,” kata Restu.

Untuk persyaratan dan dokumen pendaftaran, Restu menyampaikan mempedomani ketentuan pasal 4, pasal 39 ayat (3) dan pasal 42 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2020 tentang Perubahan ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan lalau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor : 394/PL.02.2-Kpt/06 VIII/2020 tentang Pedoman Teknis Pendaftaran, Penelitian dan perbaikan Dokumen Persyaratan,Penetapan, serta Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota

“Untuk kelancaran dan keterliban proses pendaftaran Pasangan Calon, Tim Kampanye/Tim Penghubung Pasangan Calon memberitahukan kepada KPU Kabupaten Rejang Lebong paling lambat 1 (satu) hari sebelum pendaftaran. Dokumen syarat pencalonan dan syarat calon juga dibuat dalam bentuk softcopy untuk diunggah pada Sistem Infomasi Pencalonan (SILON). Seluruh yang hadir pada saat penyerahan dokumen wajib menggunakan masker yang menutupi hidung mulut dan dagu. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Help Desk Pendaftaran Komisi Pemilihan Umum kabupaten Rejang Lebong,” pungkas Restu. [Julkifli Sembiring]