PedomanBengkulu.com, Jakarta – Wabah Covid-19 di Indonesia masih mengalami kenaikan setiap harinya. Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia bertambah 1.687 kasus pada hari ini, Senin(10/8). Dengan demikian, total ada 127.083 orang di Indonesia yang positif terjangkit Covid-19.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 82.236 orang di antaranya telah sembuh dan 5.765 orang meninggal dunia. Data tersebut diambil dari situs https://covid19.go.id/peta-sebaran pada Senin (10/8).

Pasien yang sembuh bertambah 1.284 orang dari hari sebelumnya. Sementara pasien yang meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19 bertambah sebanyak 42 orang.

Secara keseluruhan, ada tiga provinsi yang mengalami lonjakan lebih dari 100 kasus per Senin, 10 Agustus 2020.

Kenaikan tertinggi terjadi di DKI Jakarta dengan 435 kasus baru. Namun, angka kesembuhannya relatif tinggi dengan laporan 178 pasien dinyatakan sembuh.

Kemudian, disusul Jawa Timur dengan kenaikan kasus 296 pasien positif dengan kesembuhan yang ditemukan sebanyak 367 pasien hari ini. Terakhir, 127 kasus baru ditemukan di Sumatera Utara.

Penularan virus corona masih terjadi di berbagai lapisan masyarakat. Pemerintah pun terus menyampaikan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saat beraktivitas di area publik.

Sejauh ini, pemerintah belum mencabut pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sejumlah daerah menerapkan itu guna menekan laju penularan virus corona.

Presiden Jokowi juga telah menerbitkan Inpres No. 6 tahun 2020. Dalam peraturan tersebut, diatur sanksi terhadap mereka yang melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona.

Demi kepatuhan, Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah untuk melibatkan TNI dan Polri dalam mengawasi penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Untuk itu masyarakat perlu mengikuti protokol yang ada guna memutus rantai penularan. [Suci Kusuma]