Ketua Tim 5 DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Bengkulu, Dediyanto.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Masih menggantungnya ketetapan sosok yang akan mendampingi Helmi Hasan, maju dalam Pilkada serentak Desember 2020 mendatang menjadi rahasia besar bagi publik. Lantas itu, Walikota Bengkulu aktif yang tak dapat berbuat banyak akan hal tersebut memilih bertawakal.

Hal itu, diungkapkan secara gamblang oleh Ketua Tim 5 DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Bengkulu, Dediyanto. Ia mengatakan, bahasa yang keluar dari bibir Helmi Hasan cenderung menyerahkan keputusan itu kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

“Sekarang ada nama Dedi Black, Muslihan dan Ferry Ramli. Tinggal dibicarakan dari hati ke hati,” kata Dedi, pada Sabtu (8/8/2020).

Lanjut Dedi, kendati demikian, pihaknya berharap agar nama-nama diatas gencar dan serius melakukan sillaturrahmi terhadap masyarakat, baik secara online maupun offline. Sebab, keputusan yang tengah digodok partai pengusung masih tergolong dinamis.

“Kita memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang akan menjadi wakil untuk melakukan sillaturrahmi, karena partai-partai pengusung sudah oke untuk pak wali gubernurnya,” tutup Dedi.

Selain itu, saat ditanya awak media mengenai kemungkinan besar nama yang dipilih partai pengusung sebagai pendamping, dalam pertarungan, pria bertubuh ramping ini belum dapat membeberkannya, malah terkesan merahasiakan.

“Jakarta juga akan memainkan perannya, tentang siapa wakil yang tepat. Mungkin nanti akan ada survei kemudian didiskusikan,” tutup Dedi.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra saat diwawancarai, Jumat (7/8/2020) mengatakan, saat ini KPU sedang tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih.

Setelah Coklit selesai kemudian akan direkap dari mulai tingkat Desa atau Kelurahan sampai di tingkat Provinsi baru nanti ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara di bulan Oktober dan pada bulah September-nya akan ditetapkan jadi Daftar Pemilih Tetap.

Coklit ini tidak diikuti oleh daerah yang ada Balon Independen. Dari 10 Kabupaten/Kota 8 Kabupaten yang ikut Pilkada, dan 4 Kabupaten terdapat Balon Independen yakni Bengkulu Selatan, Kepahiang, Rejang Lebong dan Lebong yang saat ini dalam proses perbaikan dukungan dan KPU baru selesai melakukan verifikasi administrasi. Setelah perbaikan dukungan selesai selanjutnya akan diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk verifikasi faktual.

Selain itu, kata Irwan Saputra, KPU Provinsi Bengkulu terus melakukan sosialisasi untuk proses pendaftaran Balon melalui jalur Partai Politik.

Setelah pendaftaran Balon Perseorangan KPU akan membuka Pendaftaran Balon Gubernur maupun Bupati melalui jalur Partai Politik yang akan dilakukan awal September yakni tanggal 4 sampai 6 September 2020. [Alfi]