PedomanBengkulu.com Bengkulu Tengah – Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan untuk melihat perkembangan sekaligus mengindentifikasi adanya gangguan pertumbuhan pada balita. Posyandu merupakan sarana untuk membantu masyarakat dalam memeriksakan perkembangan balita. Posyandu adalah wadah pelayanan yang dilakukan oleh, dari dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, ibu, bayi dan balita khususnya. Hal itu disampaikan oleh Koptu Ardian Jaya pada saat memantau kegiatan Posyandu di desa binaannya. Sebagai Babinsa, memantau kesehatan warga merupakan bentuk dari kepedulian dan tugas disamping tugas pokok lainnya. Kegiatan Posyandu di Desa Taba Lagan pada Rabu pagi ( 5/8/2020 ) merupakan kegiatan rutin yg dilaksanakan setiap awal bulan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Taba Lagan khususnya ibu-ibu dan balita.

“Fungsi paling penting dari posyandu adalah memantau kesehatan ibu dan anak, termasuk pengecekan berat badan, pemberian imunisasi dan pemantauan gizi bagi balita” lanjutnya.

Koptu Ardian Jaya merupakan anggota Koramil 407-03/TE, yang sehari-hari bertugas sebagai Babinsa di Desa Taba Lagan selalu aktif dalam melaksanakan tugas. Dengan demikian beliau mengetahui situasi dan kondisi serta permasalahan yang ada di desa binaannya. Harapan beliau kepada warga Taba Lagan, khususnya ibu-ibu dan balita agar secara rutin memeriksakan kesehatan untuk mencegah stunting atau gangguan pertumbuhan bagi balita. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada kader posyandu yang aktif dalam melaksanakan kegiatan rutin sehingga pertumbuhan balita dapat terpantau dengan baik.

Kepala Puskesmas (Kapus) Taba Lagan, Herlina, S.Km turut hadir pada kegiatan posyandu, beliau menyampaikan bahwa kegiatan posyandu di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah selalu aktif. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat sehingga tidak ada lagi balita yang mengalami gangguan pertumbuhan atau stunting. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada Babinsa yang selalu aktif dalam mendukung kegiatan puskesmas. Selain memberikan layanan kesehatan, kegiatan posyandu juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat seperti penyuluhan mengenai alat kontrasepsi, baik jenis dan manfaatnya.

“Kegiatan posyandu di setiap desa diselenggarakan oleh puskesmas dan dibantu oleh kader posyandu masing-masing desa” jelas Kapus.

Di tengah pandemi Covid-19, baik Babinsa maupun puskesmas Taba Lagan selalu menghimbau warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pada kegiatan posyandu, dengan cara tidak berkerumun pada saat pemeriksaan kesehatan atau membudayakan antri, memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan posyandu. Dengan demikian kegiatan posyandu berlangsung dengan aman dan lancar. [Hendri Suwi]