Ilustrasi

Tidur merupakan salah satu aktivitas untuk membuat tubuh beristirahat. Tidur gelap tanpa lampu menjadi suasana yang tepat bagi tubuh dan mata untuk beristirahat lebih nyaman. Membiasakan diri untuk tidur gelap tentunya bagi bagi kesehatan tubuh jika rutin dilakukan.

Tidur gelap tanpa lampu memberi manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, namun belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Berikutmanfaat tidur gelap tanpa lampu bagi kesehatan dari berbagai sumber:

Mencegah Kanker

Tidur gelap tanpa lampu ternyata memiliki peran penting bagi tubuh dalam mencegah kanker. Salah satu hal ringan yang mampu memberi efek besar.

Sebuah penelitian oleh Joyce Walsleben, PhD, profesor di New York University School of Medicine, cahaya bisa menghambat sekresi hormon melatonin yang secara alami diproduksi selama tidur.

Selanjutnya sebuah studi dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics mengemukakan bahwa menyalakan cahaya buatan di malam hari saat tidur, mampu memicu ekspresi berlebih dari sel-sel yang berhubungan dengan pembentukan sel kanker.

Hormon melatonin juga dipercaya mampu mencegah serangan jantung, kesuburan wanita, sebagai efek antioksidan dan antiperadangan bagi tubuh.

Tidur Lebih Berkualitas

Mematikan lampu sebelum tidur akan memberikan sinyal pada tubuh yang menunjukkan bahwa ini waktunya tidur. Sehingga tidur menjadi lebih berkualitas.

Ketika tidur dengan kondisi lampu menyala, mungkin otak tidak akan memproduksi hormon melatonin karena otak bingung apakah waktu tersebut waktu malam atau siang.

Mengurangi Depresi

Manfaat tidur gelap tanpa lampu berikutnya yakni mampu mengurangi depresi. Sebuah penelitian yang disampaikan dalam sebuah acara Society for Neuroschience di Sand Diego, tidur tanpa lampu akan mengurangi tingkat depresi seseorang.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Affective Disorders mengemukakan bahwa orang depresi memiliki cahaya lampu lebih terang di kamar mereka ketika tidur.

Gangguan tidur atau kualitas tidur yang buruk, disebabkan dari lampu menyala bisa dihubungkan dengan tingkat depresi.

Mencegah Kenaikan Berat Badan

Menggunakan cahaya ketika tidur di malam hari menjadi salah satu pemicu obesitas. Sebuah riset yang dilakukan di Leiden University Medical Centre, Belanda mengemukakan bahwa lampu buatan termasuk sinar gadget, ternyata dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh kemudian berdampak pada peningkatan berat badan.

Sebuah penelitian oleh American Journal of Epidemiology, bahwa wanita yang tidur dengan kondisi kamar lebih terang cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih tinggi. Serta lingkar pinggang yang lebih besar, daripada wanita yang tidur gelap tanpa lampu.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat tidur gelap tanpa lampu selanjutnya yakni menjaga kesehatan mata. Paparan cahaya kamar yang terang akan mempersingkat durasi melatonin untuk bekerja sekitar 90 menit, dibanding paparan cahaya redup.

Itulah beberapa manfaat mematikan lampu saat tidur. Maka apabila ingin merasakan manfaat tersebut, perlu mencobanya dalam waktu dekat ini. [Suci Kusuma]