Ilustrasi Zaman Jurasik (Sumber: thoughtco.com)

Era Mesozoikum yang berlangsung antara 237-66 juta tahun yang lalu di mana dinosaurus menguasai permukaan bumi adalah era yang terbagi lagi dalam 3 zaman, yaitu Triasik, Jurasik dan Kretaseus, seperti dilansir laman thoughtco.com.

Zaman Jurasik sepertinya adalah zaman dinosaurus yang paling dikenal, berkat film fiksi populer Jurasik Park, meski sebenarnya puncak dari zaman dinosaurus adalah periode setelah Jurasik. Zaman ini berlangsung sekitar 200-145 juta tahun yang lalu. Di zaman ini, adalah sauropoda raksasa pertama dan dinosaurus theropoda muncul di Bumi, jauh sebelum nenek leluhur langsing mereka yang berukuran kecil pada periode Triassic sebelumnya.

Pada zaman ini, bumi mulai terpecah menjadi dua bagian besar, yaitu Gondwana di bagian selatan bumi dan Laurasia di bagian utara bumi. Bentuknya masih belum seperti bumi yang kita kenal sekarang. Di zaman ini, bumi iklimnya panas dan lembab dengan curah hujan yang stabil, sangat ideal untuk kehidupan tanaman hijau yang mulai berkembang luas.

Ciri lain zaman ini adalah kehidupan unggas mulai muncul di zaman ini, langit dipenuhi dengan pterosaurus yang relatif maju seperti Pterodactylus, Pteranodon, dan Dimorphodon. Meski burung-burung purba tersebut belum sepenuhnya berevolusi. Sedangkan kehidupan mamalia pada zaman ini mulai berevolusi dari sebelumnya hanya mamalia kecil di akhir Triasik.

Selama zaman jurasik, dinosaurus-dinosaurus pemakan tumbuhan di zaman triasik mulai berevolusi menjadi sangat besar mengikuti perkembangan vegetasi yang tumbuh subur di zaman ini. Zaman ini juga menjadi zaman di mana dinosaurus jenis theropoda atau berkaki dua mulai berkembang dari ukuran sedang hingga besar seperti Allosaurus dan Megalosaurus. Ini membantu menjelaskan evolusi ankilosaurus dan stegosaurus kemudian.

Hingga akhir zaman jurasik, bumi telah diselimuti vegetasi tumbuhan yang lebat dan tebal termasuk pakis, tumbuhan runjung, sikas, lumut klub, dan ekor kuda, sehingga membuat penghuni bumi di zaman ini juga mengalami evolusi untuk menyesuaikan dengan kehidupan vegetasi, menjadi lebih besar. [Ricky]