PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Meski pasangan Calon Syamsul Efendi –  Hendra Wahyudiansyah telah memenuhi syarat untuk maju di Pilkada Rejang Lebong melalui jalur perseorangan, namun pintu untuk maju melalui partai politik masih tetap terbuka. Sejauh ini pasangan SaHe telah memperoleh dukungan KTP dari warga Rejang Lebong sebanyak 21.333 sedangkan syarat untuk maju melalu jalur perseorangan di Pilkada Rejang Lebong sebanyak 20.334 dukungan KTP. Pasangan SaHe juga sudah mengantongi rekomendasi dari partai PKS yang memiliki 2 kursi di DPRD RL. Untuk maju melalu jalur Partai Politik, pasangan ini mebutuhkan minimal 6 kursi paratai politik yang ada di DPRD RL.

Bakal Calon Bupat Syamsul Efendi ketika dikonfirmasi apakah maju menggunakan partai politik atau perseorangan, masih belum mengambil keputusan

“Undang-undang mensyaratkan ketika dukungan persorangan sudah cukup, ataupun memungkinkan masih ada peluang partai mengusung, tentunya kita masih melihat situasi dan kondisi, namun yang jelas PKS bersama kita tinggal kita lihat saja kapan waktunya, kalau kita bicarakan saat ini takutnya rencana Tuhan berbeda mudah mudahan rencana kita ini sama dengan rencana yang maha kuasa sehinga tidak tertutup kemungkinan direkomendasikan partai,” kata Syamsul, Jumat (21/7/2020).

Terpisah disampaikan Koordinator Divisi Tekhnis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Rejang Lebong, Visco Putra Alexander, meski pasangan bakal calon telah memenuhi syarat dukungan maju sebagai calon perseorangan namun masih bisa maju melalu jalur partai politik.

“Pasal 34 PKPU nomor 3 tahun 2017 yang mengatur pasangan bakal calon perseorangan jika sudah pada tahap verifikasi administrasi tidak diperbolehkan maju menggunakan jalur Parpol sudah dihapus. Perubahannya tertuang pada PKPU nomor 1 tentang pencalonan kepada daerah. Pada intinya para bakal calon boleh mencalonkan diri via Parpol ataupun perseorangan. Tapi tetap harus memilih apakah melalui jalur perseorangan atau partai politik. Jadi meski sudah lolos syarat dukungan perseorangan bisa saja mendaftar melalui partai politik asalkan syarat yang ditetapkan terpenuhi yakni untuk pilkada Rejang Lebong mendapatkan rekomendasi dari gabungan partai politik yang memiliki 6 kursi di DPRD,” kata Visco.

Ditambahkan Visco, tahapan pendaftaran pencalonan di Pilkada serentak ini, ditetapkan selama 3 hari yakni pada tanggal 4 – 6 September 2020.

” Mulai tanggal 28 Agusutus 2020 sampai tanggal 3 September 2020 kita akan mengumumkan waktu pendaftaran, untuk tahapan pendaftaran ini akan dilakukan selama 3 hari yakni dari tanggal 4-6 September 2020. Untuk pasangan perseorangan melampirkan BA7 KWK perseroangan yang sudah diberikan KPU kepada Pasangan calon, sedangkan untuk calon yang maju dari partai politik melampirkan rekomendasi dari parati politik serta syarat lainya yang disyaratkan dalam PKPU nomor 1 tahun 2020,” pungkas Visco. [Julkifli Sembiring]