PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Bengkulu kembali menjadi sorotan. Setelah ditetapkan BPS sebagai provinsi termiskin di Sumatera, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menempatkan Bengkulu sebagai provinsi dengan angka kematian pasien Covid tertinggi di Indonesia.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menuturkan, fakta tersebut membuat masyarakat harus lebih bisa berhati-hati dan menjaga diri dalam menjalankan segala aktivitas khususnya aktivitas di luar rumah.

Sejalan dengan hal tersebut, ia memberikan apresiasi kepada sekelompok anak millenial yang tergabung dalam Indonesia Student and Youth Forum yang menggagas gerakan Millenial Bermasker supaya kesadaran masyarakat khususnya kalangan milenial akan pentingnya menjaga diri dari covid -19 semakin tinggi.

“Peran ini sederhana, tapi bermanfaat. Ini gerakan kongkrit dan patut mendapatkan apresiasi. Gerakan ini tidak muluk-muluk, tidak butuh biaya banyak juga, tapi sangat penting untuk mengingatkan bahwa masyarakat harus menerapkan kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan kewajiban menggunakan masker,” kata Riri Damayanti, Kamis (6/8/2020).

Dengan menggaungkan tagline Gaya Baru Milenial #kerenbermasker, Dewan Penasehat DPD Generasi Anti Narkotika Nasional Bengkulu optimis gerakan ini akan menjadi style baru bagi masyarakat khususnya dikalangan milenial.

“Yang lain boleh meneladani Indonesia Student and Youth Forum. Masih banyak yang bisa digarap. Millenial berhandsanityzer, millenial jaga jarak, dan lain-lain. Kreatifitas seperti ini layak mendapatkan support,” tegas Riri Damayanti.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu mengimbau kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran bermasker secara mandiri sebagai wujud dari menghargai sesama.

“Pakai masker, buktikan kita sayang sama keluarga dan orang-orang yang dicintai. Mari ikuti gerakan ini, bantu Bengkulu kembali ke zona hijau agar perekonomian dapat kembali bergairah,” ungkap Riri Damayanti.

Untuk diketahui, gerakan ini lahir dari keresahan terhadap perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia yang semakin naik, serta sebagai bentuk partisipasi generasi milenial dalam membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Apalagi saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan penggunaan masker,” kata Dinnur Garista selaku Co-founder Indonesia Student and Youth Forum mengenai hal ini.

Gerakan ini mendapatkan dukungan beberapa tokoh nasional seperti Wakil Ketua MPR Syarif Hasan, Anggota DPR RI Ir Hugua, Eni selaku Sesdirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Esa Sukmawijaya selaku Kabiro di Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam gerakan #kerenbermasker dari #isyfina.

Dukungan-dukungan itu tentu menjadi spirit dan nasihat agar generasi milenial jangan cuek terhadap penyebaran virus Corona.

Data terhimpun, data masyarakat Indonesia yang terpapar COVID-19 terus meningkat. Informasi terakhir dari BNPB Indonesia per selasa terdapat penambahan kasus baru Covid-19 sebesar 1.922 orang sehingga total kasus covid 19 menjadi 115.056. [Muhammad Qolbi]