PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Dalam pembangunan jalan desa yang berada di dusun satu desa Tengah Padang kecamatan Talang Empat Bengkulu Tengah. Camat bersama Tim Ahli (TA), Pendamping Desa (PD) dan Babinsa Senin pagi (3/8/2020) lakukan monitoring yang didampingi langsung kedes dan pemdes desa Tengah Padang.

Pembangunan desa merupakan faktor utama kemajuan suatu daerah, apalagi sejak digulirkan Dana Desa ( DD ) oleh pemerintah dimana desa dapat menentukan sendiri pembangunan yang akan dilaksanakan bermanfaat bagi warga desa tersebut. Pembangunan di desa dapat dilaksanakan setelah melalui proses Musyawarah Desa ( MUSDES ) dan dilanjutkan Musrenbang tingkat kecamatan dan kabupaten. Dalam pelaksanaan pembangunan menggunakan DD harus mendapatkan pengawasan dari berbagai pihak sehingga tidak terjadi kekeliruan dan kesalahan baik secara administrasi maupun tahapan pembangunan. Seperti halnya yang dilakukan camat Talang Empat bersama dengan pihak yang terkait Tim Ahli (TA), Pendamping Desa (PD) dan Babinsa Senin pagi (3/8/2020) lakukan monitoring demgan diantar secar langsung oleh kedes dan pemdes desa Tengah Padang ke lokasi pembangunan jalan desa yang berada di dusun satu.

Camat Talang Empat, Siti Fatimah, SH, menyampaikan selalu mendukung pembangunan di setiap desa yang berada di wilayah Kecamatan Talang Empat. Dengan adanya pembangunan menggunakan dana desa, Camat berharap kemajuan disetiap desa dapat terwujud, namun Camat juga meminta kepada perangkat desa agar menganggarkan dana untuk pemberdayaan.

“Selain meningkatkan pembangunan fisik, kita juga perlu memperhatikan SDM warga, maka bidang pemberdayaan harus juga digalakkan agar dapat meningkatkan SDM.” Jelasnya

Sementara itu Serda Rosul, anggota Koramil 407-03/TE yang bertugas di Desa Tengah Padang menjelaskan monitoring dilaksanakan untuk melihat sejauh mana pekerjaan yg sudah dilaksanakan, dan memastikan dalam pekerjaan harus sesuai dengan RAB yang sudah dibuat. Serda Rosul berharap kepada seluruh warga dapat mendukung pembangun di desa mereka, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar. Beliau juga berharap kepada perangkat desa agar mengutamakan transparansi dalam setiap kegiatan, apalagi menyangkut penggunaan dana desa.

“Peran serta dan dukungan warga dapat mempercepat pembangunan di desa, tentu saja kemajuan didesa akan terwujud sesuai dengan harapan pemerintah” lanjutnya.

Jamali selaku Kepal Desa, desa Tengah Padang juga menjelaskan bahwa pembangunan jalan rabat beton di dusun satu sudah lama diinginkan oleh warga, maka tahun 2020 ini Desa Tengah Padang menganggarkan dana desa untuk mewujudkan keinginan warga dusun satu dengan membangun jalan rabat beton sehingga memudahkan akses bagi warga.

“Untuk pembangunan jalan di dusun satu sendiri sudah lama diinginkan sama masyarakat desa. Dan tahun 2020 ini baru tercapai untuk melakukan pembangunan jalan ini” ujar Kades.

Kedepan Kades berharap kepada semua pihak agar sama-sama memantau pelaksanaan pembangunan, beliau juga minta masukan dan saran demi kelancaran pembangunan di Desa Tengah Padang. [Hendri Suwi]