PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Sebelum pelaksanaan pembangunan TA. 2020 dimulai, maka pemerintah desa (Pemdes) Kota Niur, Kecamatan Semidang Lagan, Kabupaten Bengkulu Tengah menyelenggarakan musyawarah desa pra pelaksanaan pembangunan dan penentuan Titik Nol pada Sabtu pagi ( 8/8/2020 ) di kantor desa dengan mengundang Stikholder Kecamatan Semidang Lagan. Kades Kota Niur, Safri Husni menjelaskan bahwa pembangunan tahun 2020 ini menggunakan Dana Desa sebesar 50 persen dari jumlah yg diterima, sedangkan sisanya dianggarkan untuk pemberian BLT DD bagi warga Kota Niur yg terdampak Covid-19. Pembangunan yg akan dilaksanakan yaitu pembukaan badan jalan sepanjang 3,5 KM dengan lebar jalan 6 M. Jalan tersebut merupakan akses warga menuju ke perkebunan, sehingga memudahkan warga untuk mengelola kebun dan mengeluarkan hasil perkebunan.

“Selain itu kami juga akan membangun jalan rabat beton dilingkungan desa, dengan harapan dapat bermanfaat bagi warga untuk kelancaran dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari” lanjutnya.

Musyawarah pra pelaksanaan dan penentuan Titik Nol juga dihadiri oleh Babinsa Kota Niur, Serda Andi Ariansyah yg merupakan anggota Koramil 407-03/TE. Dalam sambutannya, Serda Andi memberikan apresiasi positif kepada pemdes Kota Niur yg terus aktif membangun desa meskipun ditengah pandemi Covid-19. Beliau berharap kepada seluruh warga agar mendukung pembangunan yg akan dilaksanakan, sebab pembangunan ini berdasarkan pengajuan dari warga melalui Musrenbang tahun lalu.

“Desa kita juga harus maju seperti desa lainnya, meskipun jauh dari pusat kota Kabupaten” jelas Serda Andi.

Pada kesempatan itu juga Serda Andi mengajak seluruh warga Kota Niur untuk tetap semangat dengan segala keterbatasan di tengah pandemi Covid-19 ini, beliau juga menghimbau warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan agar Desa Kota Niur bebas dari penyebaran Covid-19.

“Kita sama-sama berdo’a agar wabah Covid-19 segera berakhir, untuk itu mari kita sama-sama mematuhi protokol kesehatan” ujarnya.

Camat Semidang Lagan, Depi Junaidi yg sempat hadir pada pagi itu turut bersama-sama undangan lainnya menuju Titik Nol lokasi pembukaan badan jalan dan jalan rabat beton. Camat berharap kepada semua pihak untuk sama-sama mengawasi dan memantau proses pembangunan untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan.

“Jika menemui kendala nanti, segera koordinasi dengan pendamping Desa dan tim ahli kecamatan, agar dicarikan solusi penyelesaian yg baik” jelas Camat.

Camat juga meminta agar dalam pelaksanaan pembangunan harus disesuaikan dengan RAB dan selesai tepat waktu. Beliau juga berharap pemdes Kota Niur menganggarkan dana untuk kegiatan pemberdayaan untuk meningkatkan SDM dan menambah keterampilan warga. Kegiatan pra pelaksanaan pembangunan dan penentuan Titik Nol berjalan dengan tertib dan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan. [Hendri Suwi]