Ilustrasi ibu hamil (Sumber: halodoc.com)

Saat hamil, menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan. Seringkali, ngidam dikaitkan dengan beberapa kepercayaan tertentu di tengah masyarakat yang ternyata tidak semuanya benar, meski benar ngidam adalah fakta.

Dari serangkaian penelitian telah diketahui penjelasan ilmiah mengenai ngidam. Diketahui 50 persen wanita hamil diketahui akan mengalaminya, masalahnya banyak wanita yang sulit membedakan antara fakta dan mitos yang mungkin dipercayai saat ngidam.

Melansir laman pregistri.com, dari hasil penelitian, diketahui beberapa hal yang penting diketahui saat ngidam sehingga bisa menyikapinya dengan tepat berdasarkan penjelasan sains.

1. Membenci makanan tertentu

Hormon seperti estrogen dan progesteron akan meningkat selama kehamilan dan mungkin akan meningkatkan nafsu makan, sama seperti selama siklus menstruasi. Oleh karena itu, wanita akan lebih peka terhadap selera dan aroma makanan, namun beberapa makanan menjadi tidak terlihat menarik bahkan membuat mual.

Perlu diketahui, penolakan terhadap jenis makanan tertentu juga termasuk hasrat. Ilmuwan pecaya, bawha kepekaan terhadap selera dan bau makanan merupakan mekanisme tubuh untuk melindungimu. Percayalah hal tersebut, karena bisa jadi makanan itu akan membahayakan janin.

2. Penuhi ngidam

Saat kehamilan, tubuh bisa jadi membutuhkan lebih banyak nutrisi. Dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, tubuh akan meberikan sinyal ke otak untuk memenuhinya. Saat itu terjadi, bisa jadi diartikan sebagai ngidam dan sebaiknya kamu memenuhinya.

Lantas bagaimana jika mengidam makanan yang aneh seperti tanah atau abu? Ini bisa diartikan sebagai kekurangan nutrisi yang serius, sudah saatnya tubuh perlu mendapatkan tambahan nutrisi.

3. Wanita hamil membutuhkan kalori ekstra

Saat hamil, tubuh membutuhkan lebih banyak kalori atau energi. Untuk itu, tubuh bisa saja mengartikannya untuk makan-manakan tertentu dan memicu ngidam. Untuk diketahui, bahwa wanita hamil setidaknya membutuhkan kalori ekstra sekitar 300 hingga 350 kalori atau setara 2 piring penuh nasi putih.

Nah, saat hasrat ngidam muncul, bisa jadi anda membutuhkan kalori lebih. Anda bisa mendapatkannya dari makanan manis atau makanan dengan kandungan karbohidrat. Anda harus memenuhinya, tapi jangan berlebihan.

4. Mengidam tidak memprediksi jenis kelamin anak

Ini yang seringkali dipercaya banyak pasangan. Faktanya, tidak satupun penjelasan ilmiah dapat membuktikan ini. Hal itu sepenuhnya adalah mitos belaka.

5. Mengidam harus dituruti, tapi secukupnya

Dari rangkaian penelitian yang telah ada, direkomendasikan bagi ibu hamil untuk dipenuhi hasrat ngidamnya, tapi harus masuk akal, karena hasrat yang tidak wajar bisa jadi menunjukan tubuhmu kekurangan nutrisi.

Oleh karena itu, penting memang untuk memenuhi hasrat ngidam secukupnya, dan disisi lain, wanita disarankan untuk makan teratur selama kehamilan dengan nutrisi yang baik, bila perlu anda bisa mengatur konsumsi harian anda dengan melibatkan ahli nutrisi. [Ricky]