Tampak 9 anggota DPRD Lebong foto bersama tamu yang hadir usai rapat paripurna.

PedomanBengkulu.com, Lebong – Pemandangan tidak menarik terlihat saat rapat paripurna istimewa, dalam rangka HUT RI ke 75 dengan agenda mendengarkan Pidato Presiden RI Joko Widodo dari Gedung DPR RI. Dimana agenda tersebut, merupakan agenda nasional dan digelar setiap tahun dalam menyambut HUT RI. Ternyata, dari 25 Anggota DPRD Lebong yang ada, hanya 9 Anggota dewan terhormat yang hadir acara tersebut. Untuk itu, wajar jika rasa nasionalisme anggota DPRD Lebong yang tidak hadir tersebut dipertanyakan.

Adapun ke-sembilan Anggota DPRD Lebong, yang hadir di ruang sidang utama Sekretariat DPRD Lebong Jum’at (15/8/2020) pagi. Meliputi, Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen, Waka II Popi Ansa, Asman Maidolan, Rinto Cahyo Putro dan Rodi Hartono. Kemudian ada Rama Chandra, Mahdi, Dedi Haryanto dan Ronal Reagan.

Terlepas apapun kesibukan atau urgensinya sehingga tidak hadir, sebagai wakil rakyat yang dulunya meminta dukungan masyarakat saat Pemilu 2019, ini tidak layak dicontoh. Apalagi ini menyangkut rentetan kegiatan perayaan HUT RI, setidaknya sebagai wakil rakyat harus bisa memberikan contoh, termasuk ikut memupuk rasa nasionalisme yang tinggi kepada masyarakat.

Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen usai memimpin paripurna menyebutkan, sesuai tema HUT ke-75 RI tahun 2020 adalah Indonesia Maju, tentunya ini merupakan representasi dari Pancasila, sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Yang Dengan segala kemampuan berusaha memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa.

“Bukan hanya sekedar kata kemerdekaan, sekarang kita harus fokus menyatukan sesama anak bangsa. Melalui keragaman diharapkan bisa memperkuat jati diri bangsa Indonesia, dimulai dari daerah,” ungkap Carles kepada PedomanBengkulu.com Jum’at (15/8/2020) siang.

Terkait ketidakhadiran 16 Anggota DPRD Lebong dalam rapat paripurna istimewa tersebut, Carles membenarkannya dan jumlah tersebut sesuai dengan daftar absensi dari Sekretariat DPRD Lebong.

“Sesuai daftar absensi tadi memang ada 9 Anggota DPRD Lebong yang hadir. 16 Anggota DPRD Lebong yang lain keterangannya izin,” singkatnya.

Sementara itu berdasarkan pantauan PedomanBengkulu.com, agenda sidang paripurna istimewa mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT RI secara live dari dari gedung DPR RI di Jakarta.

Tampak dari Jajaran Pemkab Lebong, hadir Sekda Lebong Mustarani Abidin mewakili Bupati dan Wakil Bupati Lebong. Kemudian tampak Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur dan Danramil 409-01/Lebong Utara Kodim 0409/RL Kapten Inf Lilik Yuniarso mewakili Dandim 0409 RL. Kepala Kantor Kemenag Lebong H. Ajamalus, Pincab Bank Bengkulu Cabang Muara Aman Syefrizal Sahpony serta beberapa Kepala dan perwakilan OPD dalam lingkup Pemkab Lebong.[Supriyadi]