PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Untuk memeriahkan HUT ke-75 RI, masyarakat diimbau untuk memasang bendera merah putih di rumah masing-masing dan di lingkungan perkantoran selama bulan Agustus. Dengan demikian akan terlihat jiwa nasionalisme dari masyarakat Indonesia dalam menghargai dan menghormati jasa-jasa pahlawan yg telah mengorbankan jiwa raganya untuk kemerdekaan Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Sertu Kunharlian pada saat melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan Kades Pelajau, Ujang Supran di kediamannya di Desa Pelajau, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah. Menurut Sertu Kunharlian yang bertugas di Koramil 407-03/TE, pemasangan bendera merah putih sudah menjadi tradisi seluruh rakyat Indonesia dalam memperingati HUT RI setiap tahunnya. Namun sebagai Babinsa, beliau wajib memonitor desa binaannya apakah sudah melaksanakan himbauan pemerintah atau belum.

“Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, namun semangat nasionalisme warga harus tetap tinggi,” tegasnya, Jum’at (7/8/2020).

Dalam Komsos, Sertu Kunharlian juga meminta kepada perangkat desa Pelajau untuk lebih giat dalam mengimbau dan mengajak warga untuk menanamkan kecintaan terhadap NKRI dengan cara mencintai produksi dalam Negeri, meningkatkan SDM warga dengan pelatihan dan selalu menghargai serta menghormati jasa-jasa pahlawan.

Kades Pelajau, Ujang Supran mengucapkan terimakasih atas himbauan yang disampaikan oleh Babinsa, beliau menyampaikan bahwa dari awal bulan Agustus sudah ada warga yang memasang bendera dirumahnya. Beliau bersama perangkat desa terus memantau dan mengimbau warga agar melaksanakan imbauan pemerintah untuk memasang bendera merah putih di rumah masing-masing.

“Namun pada masa pandemi Covid-19 ini, kemungkinan Desa Pelajau tidak menyelenggarakan perlombaan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” lanjutnya.

Pelaksanaan Komsos Babinsa Koramil 407-03/TE menyertakan Bhabinkamtibmas dari Polsek Karang Tinggi dengan harapan kesadaran masyarakat dalam membentuk jiwa nasionalis semakin tinggi. Dengan demikian tidak mengurangi makna peringatan HUT ke-75 RI meskipun di tengah pandemi Covid-19. Setelah melaksanakan kegiatan Komsos, Sertu Kunharlian dan Bhabinkamtibmas ikut meninjau langsung kegiatan warga memasang bendera di rumah masing-masing. [Hendri Suwi]