Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawaty.

PedomamBengkulu.com, Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Bengkulu untuk mempertahankan predikat Kota Sehat sedang menyiapkan banyak hal untuk persiapan keikutsertaan Kota Sehat tahun 2021.

Disampaikan oleh Kepala Dinas (Dinkes) Kota Bengkulu Susilawaty, Kesiapan dan keikutsertaan ini dalam mempertahankan predikat Kota Bengkulu Kota Sehat, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (7/8/2020).

“Persiapan menuju penilaian Kota Sehat tahun 2021 nanti terus kita matangkan mulai dari sekarang. Kita akan memenuhi 10 tatanan yang nantinya akan dinilai dan telah ditentukan Kementerian Kesehatan RI” ujar Susilawaty.

Dengan demikian, kata Susilawaty, kematangan dalam persiapan dan indikator-indikator mempertahankan predikat Kota sehat banyak hal yang harus di persiapkan.

“Ada sepuluh indikator tatanan kabupaten/ kota sehat yang harus kita penuhi yakni Kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kehidupan sosial yang sehat serta upaya kesehatan sekolah” jelas Susilawaty.

Dengan demikian, katanya, seluruh OPD dan organisasi yang terlibat dapat bersinergi dalam mewujudkan Kota Bengkulu Kota Sehat, karena sesuai visi-misi Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

“Untuk mewujudkan semua ini, saya menginginkan pihak TNI, Polri, Masyarakat, dan pihak yang terlibat untuk saling bersinergi membangun Kota Sehat 2021″ ungkapnya.

Penilaian, sambungnya, tentu dilihat dari kondisi lingkungan dan masyarakat serta OPD-OPD. OPD dan masyarakat harus bersinergi.

“Karena tujuan dari Kabupaten/kota Sehat sendiri adalah suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni yang dicapai melalui kegiatan yang terintegritas yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah” ungkapnya.

Untuk itu, tambahnya, seluruh instansi yang terlibat, saya berharap dapat mempertahankan predikat Swasti Saba Wistara untuk yang ke-3 kalinya.

“Karena Pemkot Bengkulu dari tahun 2013 mendapatkan predikat Swasti Saba Padapa, tahun 2015 mendapatkan predikat Swasti Saba Wiwerda, tahun 2017 mendapatkan predikat Swasti Saba Wistara serta tahun 2019 kembali mendapatkan predikat Swasti Saba Wistara begitu juga ditahun 2021” pungkasnya. [Soprian]