PedomanBengkulu.com, Mukomuko – Negara Republik Indonesia sebentar lagi akan menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 pada 17 Agustus 2020. Hal itu membuat banyak bermunculan pedagang bendera musiman di berbagai tempat di Mukomuko.

Berdasarkan pantauan media pedoman Bengkulu, Sabtu (08/08/2020), salah satu pedagang bendera musiman yang di lampu merah Kelurahan Bandaratu, Dadan (29) mengaku sudah mulai menjual pernak-pernik kemerdekaan yang berwarna merah putih sejak 29 Juli 2020.

Hal itu dilakukannya karena ada himbauan untuk masyarakat agar memasang bendera merah putih lebih awal. Namun ia mengeluhkan, ternyata pandemi Covid-19 mempengaruhi pendapatan penjualan benderanya.

“Ya gitu lah, tahun-tahun lalu agak ramai, sekarang agak sepi (pembeli), biasanya saya mendapatkan dalam sehari 500 ribu perhari tapi dalam masa covid ini saya cuma mendapatkan 200 saja sangat menurun 50 persen,” ucap Dadan.

Bendera yang ia jual pun beragam harganya, mulai 10 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah per satu bendera.

Barang yang dijual pun beragam jenisnya mulai dari bendera merah putih dengan berbagai ukuran kecil hingga besar. Kemudian layur, umbul-umbul bandir dengan lambang Garuda, dan umbul-umbul berbentuk segitiga. [Angga]