Selada air yang dapat bercahaya (Sumber: eurekalert.org)

Pohon-pohon rimbun bercahaya mungkin hanya dapat kita lihat pada film Avatar yang tayang di layar lebar pada tahun 2009 lalu. Tapi ternyata, hal ini bisa menjadi nyata.

Para ilmuwan terinpirasi dari film tersebut untuk memulai misi menciptakan tanaman yang dapat berpendar dan bersinar seperti di film avatar. Penelitian tersebut telah dilaporkan di dalam jurnal ACS Nano Letters.

Kita mungkin mengetahui, ada banyak organisme yang dapat bersinar, memiliki bioluminescent di tubuhnya, namun hal itu tidak termasuk tumbuhan hijau.

Michael S Strano dan tim penelitinya menjelaskan, pemanfaatan teknologi nanopartikel menjadi jalan untuk menciptakan tanaman bercahaya, menjadi tanaman nanobionik.

“Kami mengujinya dengan tanaman selada air dengan tiga nanopartikel berbeda dan tekanan yang berbeda,” katanya.

Nanopartikel tersebut mengandung light-emitting luciferin, sebuah protein yang bercahaya yang telah diekstrak sebelumnya. Tanaman tersebut kemudian disuntik dengan nanopartikel tersebut dengan penambahan enzim yang dapat meningkatkan aktivitas protein tersebut.

Dengan menggunakan ukuran dan muatan permukaan yang tepat, nanopartikel tersebut dapat masuk ke jaringan tanaman. “Selada air itu kemudian bisa bersinar seterang LED 1 microwatt,” ujarnya.

Kemudian, tanaman bisa dimatikan dengan suntikan anti protein luciferase yang menonaktifkan protein tersebut.

Mungkin di masa akan datang, temuan ini bisa menjadi tren baru untuk membantu manusia mengurangi ketergantungan terhadap cahaya buatan seperti selama ini yang memakan banyak energi. [Ricky]