PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Program renovasi RTLH Kodim 0407/Bengkulu dengan sasaran rumah milik Ibu Rakna, Desa Taba Mutung, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah telah selesai dengan sukses setelah diresmikan dan diserahkan oleh komandan Kodim 0407/Bengkulu, Kolonel Inf Uchi Cambayong, S.I.P, Senin (10/8/2020).

Pada kegiatan penyerahan dan peresmian, Dandim 0407/Bengkulu didampingi oleh Ketua Persit KCK Cabang XVIII Dim 0407/Bengkulu sekaligus memotong pita peresmian rumah Ibu Rakna yang sudah direnovasi. Kegiatan renovasi RTLH ini dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI, dimana TNI-AD mengadakan program renovasi RTLH bagi veteran pejuang kemerdekaan RI di seluruh wilayah Indonesia. Dalam pelaksanaan realisasi renovasi RTLH dikerjakan oleh Kodim, di Kabupaten Bengkulu Tengah sendiri dilaksanakan oleh Kodim 0407/Bengkulu dengan waktu pengerjaan selama sepuluh hari.

Ibu Rakna sebagai penerima bantuan RTLH merupakan istri dari pejuang kemerdekaan RI yang sudah lanjut usia dan tinggal dirumah yang tidak layak huni, sehingga beliau terpilih untuk menerima bantuan renovasi RTLH.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh Iskandar Yusuf yang merupakan keluarga dari Ibu Rakna pada saat memberikan sambutan. Beliau selaku cucu dari ibu Rakna sangat berterimakasih dengan adanya program renovasi RTLH ini, sehingga rumah neneknya yang tidak layak huni sekarang sudah bagus dan sangat layak untuk ditempati. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Babinsa Koramil 407-03/TE, Koptu Susanto yang bertugas di Desa Taba Mutung yg telah memperjuangkan rumah Ibu Rakna untuk direnovasi. Tak lupa beliau menyampaikan terimakasih kepada Tim RTLH Kodim 0407/Bengkulu dan pemdes Taba Mutung yang sudah bekerja dengan baik, khususnya pemdes dan warga Taba Mutung telah mendukung renovasi RTLH.

“Terakhir kami berharap untuk kedepannya, bila ada program seperti ini lagi, kami minta untuk dapat direalisasikan di desa kami,” lanjutnya.

Kades Taba Mutung, Alsis Mulyono, dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0407/Bengkulu dan semua pihak yang telah mendukung dan berperan dalam merehab rumah ibu Rakna sebab apa yang sudah dilakukan sekarang ini sangat bermanfaat bagi warga Taba Mutung. Beliau juga mendo’akan komandan Kodim dan jajaran semoga sukses dalam menempuh karir kedepan.

“Berkat perjuangan Koptu Susanto yg bertugas sebagai Babinsa di Desa kami, maka renovasi rumah milik warga kami dapat terealisasi dan selesai dengan baik,” lanjut Alsis.

Kata sambutan berikutnya disampaikan oleh Dandim 0407/Bengkulu, Kolonel Inf Uchi Cambayong, S.I.P, dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa program renovasi RTLH ini dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 dan Kodim 0407/Bengkulu sebagai penyelenggara untuk wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah. Kegiatan ini juga sebagai bentuk penghargaan negara atas perjuangan para pahlawan baik dalam merebut kemerdekaan maupun mempertahankan kemerdekaan sekaligus memberikan penghargaan kepada anak cucu pejuang dalam mengisi kemerdekaan. Dandim juga mengucapkan terimakasih kepada staf Kodim, komandan Koramil dan anggota, pemdes Taba Mutung dan warga dan terkhusus Tim RTLH Kodim serta Babinsa Taba Mutung yg sudah bekerja dengan baik selama dua minggu.

Pada kesempatan itu juga Dandim kembali mengingatkan dan menghimbau seluruh warga dan tamu undangan yang hadir untuk melaksanakan 3M dalam rangka penanganan wabah Covid-19, yaitu tetap memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, dan menjaga jarak.

“Sebagai tambahan, laksanakan olahraga dengan rutin, istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi,” lanjutnya.

Dandim juga menambahkan TNI akan membentuk Komponen Cadangan (Komcad) dalam rangka ketahanan pangan untuk mengatasi kekurangan bahan pangan akibat pandemi Covid-19, jadi Dandim minta kesediaan dari masyarakat untuk berperan dan mendukung program Komcad tersebut. Peran masyarakat yaitu turut bekerja dalam membuka lahan, menanam dan merawat lahan yang hasilnya nanti dapat dimanfaatkan bersama, sehingga tersedianya bahan pangan yg cukup pada masa pandemi Covid-19.

Setelah memberikan sambutan, Dandim dan Ketua Persit KCK Cabang XVIII meresmikan rumah renovasi RTLH yg ditandai dengan pemotongan pita oleh ketua Persit didampingi Camat Karang Tinggi, Pabung Bengkulu Tengah, Kades Taba Mutung. Selanjutnya Dandim beserta tamu undangan meninjau langsung rumah yang sudah direnovasi. Kegiatan berikutnya Dandim beserta Ibu menyerahkan bantuan tali asih kepada ibu Rakna berupa bingkisan sembako dan peralatan rumah tangga. Bingkisan juga diserahkan oleh Kadis Sosial Benteng, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Ketua Persit Ranting 4 Koramil 407-03/TE. [Hendri Suwi]