PedomanBengkulu.com Bengkulu Tengah – Kesadaran kesehatan dalam rumah tangga sangat penting, apalagi pada masa Pandemi Covid-19 ini, dimana tingkat penyebaran dan penularan menjadi sangat tinggi. Untuk itu masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dalam menjaga kesehatan pribadi dan keluarga.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam menjaga kesehatan, diantaranya tidak buang air sembarang, atau setiap rumah tangga harus memiliki jamban yang layak dan terjaga kebersihannya. Hal itu disampaikan oleh Kepala Puskesmas (Kapus) Ujung Karang, Julianti, STr Keb, pada saat memberikan materi kesadaran kesehatan rumah tangga bagi warga Desa Taba Terunjam, Kecamatan Karang Tinggi, Kab. Bengkulu Tengah, Sabtu (25/8/2020).

“Agar tidak mudah terserang penyakit atau wabah, masyarakat harus senantiasa menjaga kesehatan pribadi dan keluarga, termasuk kebersihan rumah tangga dan lingkungan” jelasnya.

Julianti menambahkan, kesehatan tubuh terwujud apabila terjaga keseimbangan antara olahraga dan makanan bergizi, olahraga dapat dilakukan secara sederhana seperti senam, jogging, dan bersepeda yg sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, sedangkan makanan bergizi bukan berarti makanan yang mahal, tetapi harus terpenuhi unsur 4 sehat 5 sempurna.

Kepala Puskesmas juga meminta Kader Posyandu yang ada di Desa Taba Terunjam untuk aktif dalam melaksanakan kegiatan Posyandu, minimal sebulan sekali untuk melihat perkembangan kesehatan ibu dan anak. Selain itu juga beliau minta agar dilaksanakan juga posyandu bagi lansia, sebab kesehatan lansia juga harus diperhatikan, sebab memasuki usia senja, kesehatan juga semakin menurun dan rentan terserang penyakit.

Kegiatan pagi itu juga dihadiri oleh Babinsa Taba Terunjam, Serka Ferizal, sebagai Babinsa selalu aktif dalam menghadiri kegiatan kegiatan yang ada di desa binaan. Pada kesempatan itu beliau memberikan pengarahan kepada warga mengenai bagaimana cara agar terhindar dari penularan wabah Covid-19.

Beliau menyampaikan bahwa di Provinsi Bengkulu sendiri terus terjadi peningkatan jumlah masyarakat yang terpapar, jadi kita harus selalu waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Cukup dengan 3 M untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak, ditambah dengan olahraga teratur dan makan makanan bergizi” jelasnya.

Kades Taba Terunjam mengucapkan terimakasih atas pengarahan dan materi yg diberikan oleh kepala Puskesmas Ujung Karang dan Babinsa Koramil 407-03/TE. Beliau juga menyampaikan bahwa perangkat desa terus menghimbau warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan, apalagi pada pemberlakuan new normal seperti saat ini.

Beliau juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Camat Karang Tinggi yang terus memberikan motivasi kepada warga Taba Terunjam sehingga kesadaran warga semakin meningkat dalam membiasakan hidup sehat.

Kades juga menyampaikan bahwa sampai saat ini seluruh warga sudah memiliki sarana jamban yang sehat sehingga tidak ada lagi warga yang buang air sembarangan. Kegiatan pengarahan tentang kesehatan berjalan dengan lancar dan tertib. [Hendri Suwi]