Pedomanbengkulu.com, Seluma – Pemerintah kabupaten Seluma akan memberikan jaminan kesehatan dalam BPJS Kesehatan, untuk kepala desa dan perangkat. Pemberian asuransi kesehatan tersebut akan mulai diberlakukan setelah disahkannya APBD kabupaten Seluma 2021 mendatang. Pemberian jaminan kesehatan tersebut diatur dalam Permendagri nomor 119 tahun 2019 tentang pemotongan, penyetoran, dan pembayaran iuran jaminan kesehatan bagi kepala desa dan perangkat desa.

Kepala BPKD kabupaten Seluma, Marah Halim (27/8/2020) menyatakan, pemberlakukan pemberian jaminan kesehatan tersebut baru akan dilakukan 2021 mendatang, karena pada anggaran 2020 dilakukan refocusing akibat dampak pandemi Covid-19. Total anggaran yang disiapkan untuk membayar iuran sebesar Rp. 1,7 miliar.

“Total besaran iuran sebesar 5 persen, 4 persenakan dialokasikan dalam APBD 2021, sedangkan satu persen lagi dipotong langsung dari gaji kepala dan perangkat desa” jelasnya.

Kepala BPJS kabupaten Seluma, Ricco Hanggara menyatakan, pemotongan gaji kades dan perangkat desa sebesar satu persen akan langsung dilakukan saat pencairan gaji diajukan ke BPKD.

“Akan dipotong sesuai penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa,”

Adapun BPJS Kesehatan nantinya akan juga menjamin untuk anak dan istri kepala desa dan perangkat desa yang terdaftar. [IT2006]