PedomanBengkulu.com, Mukomuko – 
Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat menyerahkan bantuan dana program untuk kesenian di Kabupaten Mukomuko,Jum’at (7/8/2020).

Komunitas Budaya merupakan kesatuan sosial yang memiliki potensi budaya berupa tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga tradisional.

Salah Satu seni terbaik kabupaten Mukomuko, Seni Tari Gandai yang berasal dari kata Gando yang berarti ganda atau berpasangan, kesenian asli dari masyarakat Suku Pekal. Pada zaman dahulu masyarakat pekal berkumpul, bersukacita, menari, dan berbalas pantun.

kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Ruslan menyampaikan, dengan adanya perjanjian dan penyerahan dana bantuan program kegiatan fasilitasi dan kemitraan nilai ini semoga sanggar-sanggar seni yang berada di Kabupaten Mukomuko bisa terbantu dan supaya tidak mengurangi semangat bapak-ibu untuk berseni walaupun dengan fisilitas yang terbatas.

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB)
Diwakili oleh kasubag umum siti lestari mengatakan, dengan bantuan ini bisa bermanfaat bagi kesenian di Kabupaten Mukomuko.

“Hasilnya direkam dengan mengunakan kamera HP saja dan hasilnya bisa dikirimkan kek BPNB Sumbar sebagai bukti bawasannya Bapak Ibu sudah berseni walaupun dengan fasilitasi yang serba terbatas dan Ibu Siti berharap mau bagaimana pun kegiatan yang Bapak Ibu lakukan jangan lupa pakai masker untuk mematuhi peraturan protokoler covid-19.” jelas Siti.

 

Sementara, Bupati Mukomuko Choirul Huda berterimakasih atas bantuan yang diberikan kepada kesenian Kabupaten Mukomuko.

“Semoga dengan bantuan ini bisa memberikan kemajuan untuk kesenian yang ada di Kabupaten Mukomuko dan selamat kepada sanggar yang mendapatkan bantuan semoga bantuan dana yang diberikan bisa bermanfaat untuk sanggarnya,” tutupnya Bupati Mukomuko.

Dalam acara ini dihadiri oleh Bupati Mukomuko Choirul Huda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H Ruslan, Kasubag Tata Usaha Sumbar Siti Lestari, Penjabat Pendidikan Mukomuko fan tamu undangan. [Angga]

Berikut nama kesenian yang mendapatkan bantuan:

1. Sanggar Seni Tari Gandai
2. Sanggar Air Dikit Santa
3. Sanggar Sirih Serupun
4. Sanggar Retak Sanada
5. Sanggar Sakella
6. Sanggar Pelito
7. Sanggar Zikir Serapal Anam Amanah
8. Sanggar Putih Renung Bulan
9. Sanggar Kesenian Karyo Buddy
10. Sanggar Seni dan Budaya Nurwantoro
11. Sanggar Kesenian Wahyu Sekar Wangi
12. Sanggar Puti Bungsu
13. Sanggar Seni dan Budaya Sayekti Putro
14. Sanggar Limau Manis
15. Sanggar Seni Tari Sekar