PedomanBengkulu.com, Seluma – Kegiatan Dinas Luar (DL) daerah anggota DPRD Kabupaten Seluma, kembali berlanjut pada pekan ini. Informasi yang dihimpun anggota dewan yang berangkat dinas luar berasal dari Komisi II dan Komisi III, dan melakukan kunjungan ke Kementerian Kominfo.

Kunjungan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, terhitung dari 5 sampai dengan 7 Agustus 2020. Agenda dinas luar tersebut adalah koordinasi dan konsultasi dengan pihak Kementerian Kominfo.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seluma, Ulil Umidi (5/8/2020) membenarkan informasi adanya anggota dewan Seluma yang melaksanaan kegiatan dinas luar ke Jakarta.

“Komisi II dan III yang berangkat itu, tetapi bukan saya yang tandatangan suratnya bukan saya, pak Ketua (DPRD) semua” jelasnya.

Sebelumnya pada pekan lalu, anggota DPRD Kabupaten Seluma juga melakukan kegiatan dinas luar daerah, diantaranya ke Jakarta dan Padang Sumatera Barat. Banyaknya anggota dewan yang berangkat DL tersebut, hanya menyisakan sedikit anggota yang bekerja di kantor. Saat melakukan rapat koordinasi terkait tapal batas, hanya terlihat dua anggota dewan saja yang hadir.

Kegiatan dinas luar di tengah pandemi tersebut, juga mendapat kritik dari masyarakat. Masyarakat menilai anggaran yang digunakan untuk dinas luar daerah, bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang terdampak ekonomi karena pandemi. Ditambah lagi saat ini situasi pandemi Covid-19 di Seluma sudah masuk zona merah.

“Anggaran dinas luar itukan informasinya sampai lima miliar, itukan bukan sedikit. Jadi kalau (diberikan untuk bantuan) itu masyarakat sangat terbantu. Kalau pangan masyarakat Seluma ini sebagian besar petani, masih aman, tetapi kalau ekonomi sangat kurang, harga karet dan harga sawit tidak setimpal” jelas Indra Nasution, salah satu warga Seluma (29/7/2020) lalu. [IT2006]