PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu menepati janji Walikota Helmi Hasan untuk memberikan seragam baru setiap murid baru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Bengkulu.

Disampaikan Kepala Dikbud Kota Bengkulu Rosmayetty sesuai janji Walikota Helmi Hasan bahwa setiap siswa-siswi baru SD/SMP tidak usah kwatir untuk seragam baru bahwa Pemkot Bengkulu akan memberikan uang dengan cara transfer ke rekening masing-masing orang tua siswa.

“Nanti akan ditransfer ke rekening masing-masing wali murid untuk keperluan membeli seragam sekolah, besarannya saya belum tahu persis. Yang belinya anak-anak sendiri karena uang akan ditransfer ke rekening,” jelas Rosmayetty, Senin (3/8/2020).

Penerima, sambung Rosmayetty, uang yang akan ditransfer untuk membeli seragam baru tersebut hanya Murid atau siswa-siswi baru tingkat SD/SMP.

“Bantuan itu untuk siswa-siswi baru saja,” kata Rosmayetty.

Saat ditanyakan kapan uang tersebut akan ditransfer ke rekening setiap wali murid?, Rosmayetty menyampaikan saat ini tinggal menunggu informasi dari BPKAD.

“Saya sudah sampaikan dengan BPKAD, sekarang tinggal menunggu informasi dan tindaklanjut dari BPKAD,” pungkas Rosmayetti.

Diketahui uang yang akan di tranfer adalah Hadiah lomba dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas penghargaan juara inovasi daerah nominasi Pemerintahan Daerah (Pemda) Kota Bengkulu dibidang sektor Transportasi Umum.

Hadiah tersebut sebesar Rp3 Miliar akan dialokasikan untuk pembelian seragam siswa baru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta yang ada di Kota Bengkulu.

Peruntukan ini disampaikan langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan, ia mengatakan hadiah tersebut akan diberikan untuk pakaian seragam siswa-siswi SD dan SMP, Negeri maupun Swasta.

“Pemkot Bengkulu terinspirasi dari anak-anak yang masih banyak belum memiliki seragam sekolah. Oleh karena itu, Pemkot berinisiasi untuk memberikan seragam sekolah secara merata ke siswa baru masuk yang ada di Kota Bengkulu dari hadiah Rp3 Milliar tersebut,” ungkap Helmi Hasan pada (26/06/2020).

Dilanjutkan Helmi, pembelian seragam untuk siswa-siswi tersebut sudah kita sepakati secara bersama, dengan demikian orang tua murid tidak khawatir lagi.

“Tadi sudah kita diskusi secara bersama hadiah Rp3 Milliar dari Kemendagri tersebut kita sepakat diperuntukkan untuk seragam baju seluruh siswa-siswa baru SD/SMP Sederajat se Kota Bengkulu,” ucapnya.

Ditambahkan Helmi, nanti Dinas Pendidikan Kota Bengkulu akan bekerja sama dengan penjahit-penjahit di Kota Bengkulu, dan secara teknisnya kita serahkan sepenuhnya.

“Saat ini Diknas Kota sedang menyusun teknisnya untuk pembelian seragam sekolah tersebut dan nanti kepada Diknas Kota Bengkulu akan melibatkan penjahit yang ada di Kota Bengkulu,” tutup Helmi Hasan. [Soprian Ardianto]