PedomanBengkulu.com, Seluma – Rencana Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma untuk kembali menggelar kegiatan belajar tatap muka di seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, batal dilaksanakan. Ini setelah situasi pandemi Covid-19 di Seluma yang saat ini kembali mengawatirkan, karena telah kembali menjadi zona merah pasca empat orang pasien dinyatakan positif Minggu (2/8/2020) kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, Emzaili Hambali (3/8/2020) menyatakan, pada pekan lalu pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh SMP sederajat untuk melakukan persiapan kegiatan belajar tatap muka.

“Sesuai dengan surat keputusan bersama empat Menteri, hanya daerah yang zona hijau saja dapat kembali melaksanakan kegiatan belajar tatap muka. Maka dengan begitu saat ini SMP yang rencana belajar tatap muka ditunda dulu, karena saat ini Seluma menjadi zona merah” jelasnya.

Emzaili menyatakan, seharusnya sekolah sudah melakukan persiapan menggelar kegiatan belajar tatap muka pada pekan ini.

“Pekan ini seharusnya sudah melakukan persiapan akhir, sebelum pekan depan mulai belajar kembali. Sedangkan kalau untuk SD sederajat September nanti, kalau PAUD sederajat november nanti” jelasnya.

Kegiatan belajar saat ini dilaksanakan dengan sistem jarak jauh, dan tidak menggunakan tatap muka. Meski kendala diakui Emzaili masih dialami pelajar khususnya di daerah pedalaman.

“Sejak awal belajar daring tidak bisa dilaksanakan efektif di Seluma, karena banyak yang berada di daerah dengan sinyal jelek, ada juga yang tidak punya HP. Maka dari itu kami minta guru guru mencari inovasi, agar bisa tetap memberikan ilmu, apakah itu melalui tugas, atau dengan cara lain” jelasnya. [IT2006]