Video Unggahan Siaran Langsung Derry Sulaiman.
Sebuah video menarik diunggah oleh Derry Sulaiman, melalui akun resmi media sosialnya, Facebook dan Instagram.

Dengan tajuk #NGOPI BARENG CAGUB BENGKULU H. HELMI HASAN #DSAS, siaran langsung yang diunggah, Kamis (13/8/2020) ini, mendapat antusiasme besar dari seluruh followers eks pemain gitar band metal ternama Indonesia tersebut.

Menariknya, ketika Derry bertanya kepada H Helmi Hasan mengenai dorongan orang-orang kepadanya untuk menjadi calon gubernur Bengkulu, secara spontan, Helmi menegaskan bahwa ia sebenarnya tak bisa apa-apa.

“Saya tidak bisa mewujudkan keinginan masyarakat, karena memang Helmi Hasan tidak bisa apa-apa. Yang bisa apa-apa itu adalah Allah subhanahu wa ta’ala,” katanya.

Walikota Bengkulu yang terpilih tanpa proses kampanye ini menjelaskan, persoalan ini memang harus diluruskan.

“Banyak orang yang berharap kepada gubernur, walikota, presiden, padahal sebenarnya orang-orang tersebut tidak bisa apa-apa. Kalau memang bisa melakukan apa-apa, tentu gubernur atau walikota bisa menahan ubannya untuk tidak tumbuh. Dari hal sederhana ini saja tidak kuasa,” jelas Helmi.

Pria yang memiliki ambisi besar untuk memakmurkan seluruh masjid di dunia ini menjelaskan, seseorang bisa mencapai tampuk kekuasaan bukan karena uangnya, bukan karena partai politik, atau dukungan si A atau B, namun semata-mata karena kehendak Allah subhanahu wa ta’ala.

“Terus kalau begitu apa kemudian kita cukup berleha-leha? Tidak. Tidak begitu. Kita harus usaha. Siapa yang sungguh-sungguh usaha, dia akan berhasil. Tapi usaha yang bagaimana? Usaha yang mendekatkan kita kepada Allah dan rasulnya. Usaha yang bisa mendatangkan pertolongan Allah,” tegasnya.

“Sekarang kita usaha, tapi kalau tidak ditolong Allah? Celaka! Banyak sekarang ada gubernur yang di tengah jalan ternyata harus finish. Kalau ditanya dalam kondisi seperti, pasti mereka menyesal telah mencalonkan diri. Padahal sebelumnya begitu bersemangat,” urai Helmi Hasan.

Helmi mencotohkan Bilal bin Rabah radhiallahu ‘anhu, meski statusnya hanya seorang budak yang tidak berpendidikan, namun karena ditolong Allah akhirnya memiliki karir yang sukses sebagai Gubernur Damaskus.

“Bagaimana caranya ditolong Allah? Tolong agama Allah,” ucap Helmi Hasan.

Ia menambahkan, hari ini banyak manusia yang keliru, mengejar jabatan, mengejar kebahagiaan dunia, namun dengan meninggalkan perkara-perkara yang disenangi oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

“Padahal dunia ini seperti bayangan, semakin dikejar semakin menjauh. Coba kita balik badan, kejar matahari, maka bayangan yang akan ikut kita,” tandasnya.

Helmi mencontohkan adanya calon anggota dewan yang akan dilantik namun kemudian meninggal dunia, demikian juga dengan penggantinya hingga dua orang juga wafat. Akhirnya, calon anggota dewan yang keempat yang dilantik karena masih bernafas. Padahal, sebelumnya tidak pernah ada yang menyangka calon yang keempat yang akan dilantik.

“Ini membuktikan bahwa kita memang tidak bisa melepaskan diri dari Allah dalam setiap kejadian-kejadian yang kita alami,” demikian Helmi Hasan.

Meski baru tiga jam diunggah, video ini telah ditonton oleh puluhan ribu orang. Ratusan komentar dari netizen mendukung upaya Derry Sulaiman dan Helmi Hasan untuk terus melakukan kerja-kerja dakwah ke seluruh alam. [Muhammad Qolbi]