Bayi terkena stroke (Foto: pinterest.com)

Selama ini kita meyakini, bahwa stroke hanya akan menimpa orang-orang tua. Tapi ternyata itu salah, ilmuwan menemukan bahwa stroke juga terjadi pada bayi sekalipun.

Dalam sebuah presentasi pada pertemuan tahunan American Association for the Advancement of Science (AAAS) belum lama ini ilmuwan mengungkap stroke yang terjadi pada bayi, seperti dilansir dari sciencemag.org.

Peneliti menjelaskan, bahwa kejadian stroke pada bayi terjadi di wilayah otak yang berkaitan dengan bahasa dan komunikasi. Dan hal tersebut selama ini tidak dapat diidentifikasi sampai tim peneliti membuktikannya.

Stroke pada bayi selama ini seolah tidak ada karena ternyata, otak bayi bisa mengkompensasi gangguan otak tersebut dan memulihkannya kembali serta mendapatkan kembali kemampuannya.

Kejadian tersebut menurut peneliti banyak terjadi pada bayi yang baru lahir akibat dari proses persalinan yang keras dan tegang. Namun ini umum terjadi, meski dalam kasus yang jarang terjadi ada bayi yang tidak dapat memulihkan diri.

Menurut peneliti perlu penelitian lebih lanjut mengenai stroke pada bayi. Pada masa akan datang kemampuan untuk mendapatkan kembalikan kemampuan setelah diserang stroke. [Ricky]