Pedomanbengkulu.com, Seluma – Pandemi Covid-19 saat ini belum berakhir di Indonesia, termasuk di Kabupaten Seluma. Jumlah pasien terkonfirmasi positif terus bertambah setiap harinya. Namun saat ini masyarakat diminta tak hanya mewaspadai penyakit menular tersebut, tetapi juga mewaspadai penyakit musiman.

Indonesia sebagai wilayah tropis, terdapat dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Peralihan antara kedua musim tersebut disebut musim pancaroba. Musim pancaroba terdapat penyakit yang kerap muncul, dan harus diwaspadai.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Seluma, Ahmad Tavip (9/8/2020) menyatakan, penyakit yang harus diwaspadai saat musim pancaroba adalah Inspeksi Saluran Pernafasan (Ispa).

“Secara umum biasanya ispa, itu sudah rutin biasanya ke ispa. Kalau berdasarkan data yang kami masuk itu penyakitnya yang biasa di musim pancaroba”jelas Tavip.

Tavip mengajak masyarakat untuk terus mentaati protokol kesehatan, dan juga menjaga pola hidup sehat.

“Karena saat ini masih pandemi, aktivitas masyarakat di luar rumah juga berkurang. Tetapi harus tetap diwaspadai penyakit yang muncul saat pergantian musim, dengan menjaga pola hidup sehat” jelasnya. [IT2006]