Rektor Universitas Bengkulu, Prof. Ridwan Nurazi saat pelantikan wisudawan secara daring dengan diwakilkan orang tua masing-masing (Foto: Istimewa)

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Universitas Bengkulu (Unib), untuk pertama kalinya menggelar wisuda secara daring (dalam jaringan) untuk wisuda periode 90 pada Rabu (8/5/2020) guna memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Pada prosesi wisuda tersebut, pimpinan dan Senat unib melakukannya dari Gedung Serba Guna Unib, sementara wisudawan lainnya di rumah masing-masing dan terhubung menggunakan platform zoom serta disiarkan secara langsung.

Sebanyak 13 orang wisudawan juga terlihat tetap hadir dalam prosesi wisuda tersebut sebagai perwakilan dari masing-masing fakultas sebagai wisudawan terbaik dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tertinggi dan atau lulus dengan predikat pujian.

Mereka yang hadir langsung mengikuti prosesi wisuda tersebut diwajibkan mengikuti protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan jaga jarak lebih dari 1 meter.

Saat prosesi pelantikan wisudawan, tidak seperti biasanya yang ada sesi salaman dengan rektor, kali ini ditiadakan. Menariknya, untuk ritual pemindahan kuncir toga tetap dilakukan, namun diwakilkan oleh orang tua masing-masing.

“Mulai hari ini, saudara-saudara berhak menyandang gelar akademik dokter, magister, sarjana dan ahli madya lulusan Universitas Bengkulu. Kepada saudara masing-masing akan diberikan selembar ijazah dan transkrip akademik yang ditandatangani oleh rektor dan dekan,” kata Profesor Ridwan Nurazi, Rektor Universitas Bengkulu.

“Dengan mengucapkan bimislah, dengan ini saya mewakilkan kepada orang tua atau wali untuk memindahkan kuncir saudara dari kiri ke kanan sebagai tanda di wisudanya saudara,” lanjutnya.

Pada wisuda periode 90 ini, unib mewisuda sebanyak 692 orang wisudawan yang berasal dari 8 fakultas. Rinciannya, 137 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 53 orang dari Fakultas Hukum dan 124 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selanjutnya, 98 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 141 orang dari Fakultas Pertanian, 44 orang dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), 67 orang dari Fakultas Teknik dan 28 orang dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Rektor mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati unib periode 90. “Atas nama civitas akademika dan karyawan Universitas Bengkulu, saya mengucapkan selamat berbahagia, semoga kelulusan saudara bermanfaat bagi bangsa, agama dan negara serta diridhoi Allah SWT,” katanya. [Ricky]