Ilustrasi (Foto: radioidola.com)

PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Pilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara diprediksi bakal menegangkan. Passalnya, Petahana Mian didampingi Arie yang diusung sepuluh Partai Politik (Parpol) melawan Kotak Kosong yang juga punya dukungan sebanyak lima Parpol.

Sepuluh Parpol pengusung Mian – Arie tersebut yaitu PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, Nasdem, PAN, PKPI, Hanura, PPP, PKS dan PKB. Sedangkan lima Parpol yang mendukung Kotak Kosong yaitu Partai Demokrat, Perindo, Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Garuda.

Ketua DPD partai Demokrat Bengkulu Utara, Dedi Syafroni mengatakan, akan melakukan konsolidasi besar-besaran dan akan melakukan deklarasi untuk memenangkan Kotak Kosong di Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Baca: Lima Parpol Galang Kekuatan Menangkan Kotak Kosong

Menurutnya, Pilkada bukan persolan memilih atau tidak, namun ini adalah persolan nasib masyarakat Bengkulu Utara selama lima tahun.

“Jangan golput, mari menangkan kolom atau kotak kosong,” kata Dedy, Sabtu (12/9/2020).

Mantan DPRD Bengkulu Utara ini menyebut, memenangkan kotak kosong bukanlah tindakan yang salah, masyarakat berhak memilih yang menurutnya terbaik untuk Kabupaten Bengkulu Utara.

“Perlu dipahami, mensosialisasikan kotak kosong itu beda dengan seruan tidak memilih atau golput. Mengusung kotak kosong itu tindakan yang konstitusional dan ada dasar hukumnya. Jelas visi dan misinya mensuport rakyat untuk merdeka atas pilihannya. Jadi, jangan diintimidasi dalam bentuk apapun, sebab bisa berdampak pidana,” ungkapnya.

Sebelumnya, Mian – Arie yang didampingi Parpol pengusungnya mendaftar diri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupat Bengkulu Utara pada Jumat (4/9/2020) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Utara.

Baca Juga: Mian – Arie Daftar ke KPU

Mian – Arie menyerahkan berkas berita acara pendaftaran, TP 1 KWK, surat pengantar pemerikasaan tes Swab PCR sebagai syarat pendaftaran.

Plt Ketua KPU Bengkulu Utara, Suwarto SH menyebut, berdasarkan hasil pemeriksaan dan verifikasi data persyaratan serta syarat calon semuanya memenuhi syarat dan lengkap, sehingga dapat diterima oleh pihak KPU.

“Allahamdulilah semua berkas persyaratan dan syarat pencalonan semuanya lengkap hingga tes swab pun ada,” ungkap Suwarto.

Emilia Puspita Jamil – Eka Septo Gagal

Emilia Puspita Jamil – Eka Septo yang digadang-gadang menjadi lawan politik Mian – Arie, gagal mendapat perahu Partai Politik. Sebagian besar Parpol pun diborong Mian – Arie sebagai petahana Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara.

Mian – Arie pun yakin, pihaknya yakin akan menang di Pilbup Bengkulu Utara, dengan total kursi sebanyak 28.

Mian – Arie meminta dukungan kepada masyarakat untuk dapat melanjutkan kembali pembangunan Bengkulu Utara di segala sektor.

“Mohon dukungannya. Kami akan maju kembali untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten BU,” kata Mian-Arie, Jumat (4/9/2020). [Medi Muamar]