PedomanBengkulu.com, Bengkulu – PT Bank Pembangunan Daerah Bengkulu (Bank Bengkulu) kembali meraih penghargaan dalam ajang E-Awarding “25th Infobank Awards 2020”.

Penghargaan yang digagas oleh Majalah Bisnis Infobank pada Selasa (29/9) secara Virtual atau Zoom Meeting di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta tersebut menobatkan Bank Bengkulu sebagai The Best Performance Bank 2020 untuk Bank BUKU 1 dan Diamond Awards 2020 dengan Predikat “Sangat Bagus” selama 20 Tahun berturut-turut.

Yang lebih membanggakan lagi, Bank Bengkulu berhasil lolos proses penilaian dan penjurian yang dilakukan secara objektif-komprehensif, fair dan independent berdasarkan hasil kajian Biro Riset Infobank (birI) bertajuk “Rating 110 Bank Versi Info Bank 2020 “. Berdasarkan penilaian yang dilakukan atas laporan keuangan publikasi 100 Bank umum tahun 2018 dan 2019, sebanyak 47 Bank berhasil meraih predikat ” Sangat Bagus”. Ke-47 Bank berkinerja terbaik inilah yang di berikan “Infobank Awards 2020″.

Direktur Bank Bengkulu, Agusalim mengatakan, penghargaan yang diperoleh merupakan buah dari kerja kolektif seluruh pihak di Bank Bengkulu.

“Penghargaan tersebut juga merupakan bentuk eksistensi Bank Bengkulu sebagai bank BPD yang dapat bersaing dengan perbankan di Provinsi Bengkulu dan di Nasional. Penghargaan ini dapat menjadi tanda mata yang selaras dengan tagline Bank Bengkulu yaitu “Tangguh dan Tumbuh,” ucap Agusalim.

Dijelaskannya, Ada empat pendekatan yang digunakan Biro Riset Infobank untuk melakukan rating terhadap 110 bank umum. Yakni pendekatan rasio keuangan penting, pertumbuhan, good corporate governance) GCG), dan profil resiko.

“Infobank Awards merupakan acara penganugerahan penghargaan sebagai bentuk apresiasi tertinggi yang diberikan kepada Perbankan di Indonesia yang dinilai berhasil dalam peningkatan kinerja keuangan dan bisnisnya, peningkatan pelayanan kepada customer dan masyarakat umum, serta peningkatan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan bisnis dan investasi di daerahnya serta turut berperan dalam menggerakkan roda perekonomian di Indonesia,” terangnya.

Sebagai informasi, sampai dengan Agustus 2020 lalu Bank Bengkulu berhasil membukukan total aset sebesar Rp. 8,164 Trilliun. Total laba bersih mencapai Rp.106 miliar yang tumbuh sebesar 163 persen year on year (y-o-y) dibanding Bulan Agustus 2019, serta didorong juga oleh ekspansi kredit yang disalurkan Bank Bengkulu sebesar Rp. 5,667 Triliun. Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Bengkulu tercatat sebesar Rp. 6,993 Triliun.[Kucir.06]