PedomanBengkulu.com, Seluma – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tais Kabupaten Seluma sudah mulai kembali dibuka secara terbatas, setelah sebelumnya ditutup karena adanya penularan terhadap tenaga kesehatan. Pembukaan hanya di ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) saja, untuk tetap memberikan pelayanan medis.

Kabid Penunjang dan Prasarana RSUD Tais, Admaja Kusuma menyatakan, sebelum dibuka IGD terlebih dahulu dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan, dan diberikan sinar UV.

“Sebelum dibuka kami sterilkan dulu dengan sinar UV, seluruh ruangan, karena sebelumnya terdampak Covid-19,” jelasnya, Rabu (9/9/2020).

Admaja menyatakan, rumah sakit belum bisa melayani rawat inap terhadap pasien dengan keluhan apapun, karena belum keterbatasan petugas yang masih menjalani isolasi, ataupun menunggu hasil swab.

“Sementara akan kami masukkan ke IGD, nanti pasien akan langsung dirujuk, karena ruangan lainnya belum bisa difungsikan. Jadi ketika ada pasien, setelah ditangani IGD akan langsung kami rujuk,” jelasnya.

Adapun di RSUD Tais sejak pertama kali menerima hasil swab, sudah lima belas orang tenaga kesehatan yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Penularan tersebut berasal dari seorang pasien wanita asal kecamatan Seluma Barat, yang kemudian dirujuk ke RSUD M. Yunus Bengkulu. Sebanyak ratusan tenaga kesehatan telah menjalani tes usap atau pengambian sampel swab. [IT2006]