PedomanBengkulu.com Rejang Lebong – Persaingan memperebutkan kursi BD 1 K dan BD 2 K di Pilkada Rejang Lebong akan diikuti 4 pasangan calon. Kepastian 4 Paslon tersebut berhak maju setelah KPU Rejang Lebong melakukan rapat peleno pada hari Rabu (23/4/2020).

Disampaikan Ketua KPU Rejang Lebong empat pasangan calon yang sudah ditetapkan ini terdiri dari tiga pasangan calon diusung oleh partai politik dan gabungan partai politik serta satu pasangan lagi dari jalur perseorangan.

“Semua bakal pasangan calon yang menyerahkan berkas ke KPU Rejang Lebong, setelah dilakukan verifikasi dan penelitian dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai pasangan calon. Empat paslon yang ditetapkan ini satu pasangan dari jalur perseorangan, tiga pasangan yang diusulkan dari parpol dan gabungan parpol,” kata Restu, Rabu (23/9/2020).

Empat pasangan calon yang telah ditetapkan ini yaitu pasangan calon atas nama Syamsul Efendi – Hendra Wahyudiansyah dari jalur perseorangan dengan jumlah dukungan masyarakat sebanyak 21.323 dukungan.

Selanjutnya pasangan M Fikri Thobari – Tarsisius Samuji, yang diusung oleh Partai Perindo dan PAN dengan jumlah kursi enam.

Kemudian pasangan M Faisal – Fatrolazi, diusung PKB, Gerindra, PDIP, Hanura, Demokrat dan didukung dua parpol non parlemen PPP dan PSI dengan jumlah kursi 14.

Serta pasangan calon Susilawati – Ruswan YS, yang diusung Partai Golkar dan Nasdem dengan jumlah kursi parlemen delapan.

Penetapan empat pasangan calon peserta Pilkada Rejang Lebong ini dilakukan secara terbatas guna mencegah penyebaran Covid-19 dengan hanya dihadiri oleh penghubung atau LO dari pasangan calon saja, serta Bawaslu Rejang Lebong dan aparat TNI/Polri.

Ditambahkan Restu, usai penetapan pasangan calon, tahapan selanjutnya, Kamis (24/9) akan dilakukan pengambilan nomor urut peserta yang akan dilaksanakan di Kampus IAIN Curup dengan undangan yang boleh menghadirinya terbatas.

“Kita batasi hanya dari Forkopimda, pasangan calon dan istri, kemudian tim kampanye, LO dan ketua serta sekretaris partai politik pengusung pasangan calon. Selain itu, pasangan calon juga kami minta tidak membawa massa pendukung dan melakukan arak-arakan,” pungkas Restu. [Julkifli Sembiring]