Kapolres Seluma, AKBP. Swittanto Prasetyo.

PedomanBengkulu.com, Seluma – Pendaftaran bakal pasangan calon Bupati – Wakil Bupati Seluma pada Pilkada 2020 telah selesai dilaksanakan. Sebanyak tiga bakal paslon yakni Edison Simbolon – Khairi Yulian, Suparto – Noviawan Ail, dan Erwin Octavian – Gustianto telah mendaftar di hari berbeda pada 4 hingga 6 September kemarin.

Ketiga bakal paslon tersebut diantar dengan puluhan hingga ratusan massa pendukung, mulai dari posko pemenangan hingga ke Kantor KPU. Keramaian massa pendukung tersebut menjadi catatan KPU, Bawaslu, dan Kepolisian, karena harus diawasi ketat dan dapat menjadi tempat penularan Covid-19.

Kapolres Seluma, AKBP. Swittanto Prasetyo (12/9/2020) menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu, agar jumlah massa pendukung dapat dikendalikan dan diawasi, agar tidak menjadi klaster penularan Covid-19.

“Nanti akan kami sosialisasikan. Kemarin sudah kami ingatkan, dan kebetulan waktu pendaftaran kondisi juga hujan, karena itu mereka berkumpul. Kedepan kami ingatkan nanti pada saat kampanye mengikuti protokol kesehatan, dan jumlah massa sesuai peraturan dari KPU,” jelas Swittanto.

Berbagai kegiatan dalam tahapan Pilkada selanjutnya berpotensi akan dihadiri banyak pendukung bakal pasangan calon. Kegiatan tersebut yakni mulai dari penetapan dan pengundian nomor urut, kampanye, hingga debat kandidat. [IT2006]