Lonsdaleite (Foto: geology.com)

Sudah sejak lama yang tidak diketahui pasti, berlian menjadi material yang paling keras di bumi. Berlian telah mendapatkan popularitasnya karena telah bertahun-tahun mendapatkan predikat itu. Belum lagi keindahannya yang seperti tiada duanya. Namun, tahukah kamu sebenarnya saat ini berlian bukanlah lagi material terkeras di bumi?

Berlian telah kehilangan predikatnya setelah ditemukannya bentuk wurzite dari boron nitride yang memiliki struktur mirip berlian, namun kekerasannya 18 persen lebih keras dari berlian, seperti dilansir newscientist.

Dan yang lebih keras dari itu semua adalah mineral Lonsdaleite yang memiliki struktur berlian namun berbentuk heksagonal atau segi enam, sedangkan berlian berbentuk segi lima yang pertama kali dipublikasikan pada tahun 2009.

Namun, jika struktur wurzite boron nitrida tersedia cukup banyak dan terbentuk dari hasil letusan gunung api dengan suhu yang sangat tinggi, lain hal dengan mineral Lonsdaleite yang kemungkinan baru muncul setelah ada meteorit yang mengandung grafit menghantam bumi.

Jika kedua struktur itu bisa digabungkan, sepertinya akan menghasilkan material yang sangat luar biasa. Namun karena terlalu langka, sepertinya sangat sulit terwujud.

Sementara itu, Natalia Dubrovinskaia dari University of Heidelberg, Jerman yang telah melakukan penelitian tentang material tersebut mengatakan, wawasan tentang meningkatkan kekerasan material adalah hal yang sangat penting untuk kemajuan teknologi.

Sepert misalnya pada Wurzite, tampaknya dengan fleksibiltas yang lebih baik antara atom yang membentuknya, maka struktur itu dapat menjadi ujung alat pemotong atau pengeboran yang dapat beroperasi pada suhu tinggi, mengingat ia sendiri tercipta pada suhu tinggi hasil erupsi gunung api. [Ricky]