Plt Ketua KPU Bengkulu Utara, Suwarto SH

PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Hari pertama, Jumat (4/9/2020), Bakal Calon Bupati Bengkulu Utara, Mian – Arie mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Utara.

Dalam pendafatran, Mian-Arie di dampingi oleh seluruh jajaran Parpol pengusung, yakni PDIP, Golkar, PAN, Gerindra, Hanura, Nasdem, PKS, PPP, PKB, dan PKPI ditambah dengan Perindo selaku partai pendukung.

Dari 10 Parpol pengusung yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten BU Total Kursi Parpol pengusung berjumlah 28, Kursi dengan rincian kursi per Parpol PDIP 6 Kursi, Golkar 5 Kursi, Gerindra 4 Kursi, Nasdem 3 Kursi, PAN 3 Kursi, PKPI 2 Kursi, Hanura 2 Kursi, PPP 1 Kursi, PKS 1 Kursi dan PKB 1 Kursi.

Sementara itu, saat mendaftar paslon harus membawa Syarat Pencalonan yang telah di tentukan, syarat Calon, Dokumen Bersama, serta Hasil Tes Swab PCR.

Plt Ketua KPU Bengkulu Utara, Suwarto SH mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan dan verifikasi data persyaratan serta syarat calon semuanya memenuhi syarat dan sudah lengkap, sehingga bisa diterima oleh pihak KPU.

Selain itu, KPU juga telah memberikan seluruh salinan berupa TP 1 KWK, berita acara pemdaftaran, surat pengantar pemerikasaan tes Swab PCR.

“Allahamdulilah semua berkas persyaratan dan syarat pencalonan semuanya lengkap hingga tes swab pun ada,” ungkapnya.

Ketika disinggung terkait dengan kemungkinan besar mengingatkan, dengan adanya sebanyak 10 Parpol yang mengusung ditambah 1 Parpol yang mendukung Petahana maju kembali menjadi bakal calon kepala daerah. Emilia Puspita Jamil – Eka Septo yang di gadang-gadangkan sebagai balon kandidat lawan pasangan Mian-Arie, pada pilkada Desember 2020, gagal mendapat perahu dan dukungan dari partai politik, Suwarto pun menuturkan kemungkinan besar pasangan Mian-Arie akan melawan kotak kosong bila dimasa perpanjangan pendaftaran.

“Untuk itu, belum kita pastikan. Kita tunggu hingga masa pendafatran berakhir. Namun tidak tutup kemungkinan apabila dimasa pendafatran berakhir tidak ada yang mendafatar maka bisa dipastikan akan melawan kotak kosong,” pungkasnya.

Sementara itu, Dalam penyampaiannya Mian-Arie memgucapkan syukur atas apa yang sudah dapat dilaksanakan hari ini. Serta mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak yang masih mendukungnya untuk maju mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Dalam hal ini, ia menargetkan akan melanjutkan kepemimpinannya sebelumnya dari semua sektor untuk pembangunan Kabupaten Bengkulu Utara.

“Mohon dukungannya. Kami akan maju kembali untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten BU,” kata Mian-Arie.

Untuk diketahui, selama pendaftaran paslon berlangsung, personil kemanan juga di siagakan di kantor KPU Bengkulu Utara, dimana terdapat 30 orang Personil dari Kodim 0423/BU dan 61 orang Personil dari Polres BU. Yang akan menjaga keamanan mai dari tanggal 4 september hingga 6 september mendatang.

Selain itu, lantaran wabah Covid 19 masih berlangsung. Protokol kesehatan juga di terapkan secara ketat. Dimana KPU menghadirkan langsung tim satgas penanganan covid 19 untuk memantau langsung penerapan protokol kesehatan saat kegiatan berlangsung, karena disetiap tahapan pemilu penerapan protokol kesehatan harus benar-benar di perhatikan. [Sugeng]