Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong- Gugus tugas penanggulangan Covid-19 Rejang Lebong mengkonfirmasi terjadi penambahan kasus terpapar Positif Covid-19. Dari 4 Kasus baru ini, 3 orang di antaranya merupakan tenaga kesehatan sehingga 2 puskesmas tempat nakes tersebut bekerja harus di tutup yakni Puskesmas Curup yang berada di Setia Negara dan Puskesmas Binduriang di Kepala Curup.

“Iya, hari ini ada 4 kasus baru yang terkonfirmasi Positif Covid-19 yakni Kasus Nomor 33 seorang perempuan berusia 61 tahun warga Kecamatan Curup Selatan. Pasien mengalamai demam, riwayat kontak dengan kasus 17 saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus nomor 34 seorang Perempuan berusia 56 tahun warga Kecamatan Curup Tengah yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan. Pasien mengalami demam, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus nomor 35 seorang perempuan berusia 33 tahun warga kecamatan Binduriang yang juga berprofesi sebagai tenaga kesehatan. Pasien mengalami keluhan demam, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus nomor 36, seorang laki-laki berusia 39 tahunwarga Kecamatan SBI. Pasien mengalami Keluhan demam, saat ini dilakukan isolasi mandiri,” Kata Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Rejang Lebong Syamsir, Rabu (16/9).

Ditambahkan Syamsir, akibat 2 orang tenaga kesehatan yang terkonfimasi positif Covid-19, maka 2 puskesmas harus menghentikan pelayanan untuk sementara yakni puskesmas Curup dan Puskesmas Binduriang.

“Untuk pelayanan kesehatan warga di wilayah kerja 2 puskesmas tersebut dialihkan ke Puskesmas terdekat. Kita juga melakukan pengujian Swab terhadap 87 orang tenaga kesehatan maupun karyawan yang bekerja di 2 Puskesmas tersebut,” kata Syamsir.

Terkait kapan kedua Puskesmas tersebut akan dibuka lagi, syamsir menyampaikan masih menunggu hasil uji swab petugas kesehatan maupun karyawan dari 2 Puskesmas tersebut.

“Sampel Sweb sudah diambil dari seluruh nakes dan Karyawan masing-masing Puskesmas, nah untuk pengujian sampel sweb tersebut kita kirim ke Bengkulu. Untuk pengujian di Lab RSUD Dua Jalur terkendala karena Reagen dalam kondisi kosong,” kata Syamsir.

Syamsir mengingatkan warga Rejang Lebong agar lebih waspada terhadap penularan Covid-19 ini, karena siapa saja bisa tertular. Ia mengimbau agar selalu mentaati protokol kesehatan.

“Kewaspadaan perlu ditingkatkan dengan mentaati protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker tertutama pada saat melakukan aktivitas ditempat ramai, rajin mencucitangan menggunakan sabun,” ujar Syamsir.

Syamsir juga mengharapkan dalam rangka pengecahan covid-19 dan penyakit menular lainnya, agar setiap rumah menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan rutin membersihkan lingkungan.

“Untuk tempat cuci tangan disetiap rumah tidak harus beli, tapi bisa juga memanfaatkan yang ada disekitar kita seperti bambu. Dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun artinya kita juga bisa melakukan pencegahan penyakit menular lainya, sedangkan kegiatan membersihkan lingkungan dapat mencegah munculnya nyamuk aides agepty yang menyebabkan penyakit demam berdarah,” pungkas Syamsir.  [Julkifli Sembiring]