Ilustrasi

PedomanBengkulu.com, Seluma – Pilkada 2020 segera memasuki masa kampanye, setelah dilakukan penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon yang dijadwalkan pada 23-24 September mendatang. Mulai tanggal tersebut setiap pasangan calon akan bertarung memperebutkan suara dari rakyat pada 23 Desember mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat regulasi mengenai alat peraga kampanye (APK) yang digunakan pasangan calon pada saat masa kampanye. APK jenis baliho yang diperbolehkan digunakan adalah dengan ukuran 3×5 meter, dengan jumlah yang difasilitasi KPU sebanyak 5 unit untuk setiap pasangan calon dan dibolehkan diperbanyak dengan ukuran yang sama dan jumlahnya 10 unit. Umbul-umbul dengan ukuran ukurannya 0,5 x 4 meter dengan jumlah yang difasilitasi KPU sebanyak 20 buah per kecamatan, dan boleh dicetak sendiri sebanyak 40 lembar oleh paslon. Spanduk ukuran 1×6 meter sebanyak 6 buah per desa, dan diperboleh menambahkan sebanyak 12 lembar per desa.

“Berdasarkan PKPU nomor 4 tahun 2017 pasal 29 spanduk nantinya akan memuat nomor paslon, visi misi, program, foto, tanda parpol dan foto pengurus Parpol atau gabungan parpol,” jelas Ketua KPU Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi (18/9/2020).

Adapun seluruh APK yang saat ini sudah ada dan tersebar di berbagai titik di Kabupaten Seluma, akan ditertibkan setelah pasangan calon ditetapkan dan mendapat nomor urut.

“Setelah ditetapkan sebagai pasangan calon tetap, seluruh APK yang sudah ada akan ditertibkan, dan harus mengikuti regulasi yang sudah ada,” jelasnya. [IT2006]