PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Secara reguler, penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) hanyalah di angka 6.301 Keluarga Peneriman Manfaat (KPM), namun saat ini setelah 2 kali perluasan atau penambahan KPM mencapai 10.731.

Ditemui di ruangannya, Senin (14/9/2020) Kabid Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Benteng Syahrul Lutfi menjelaskan kepada PedomanBengkulu.com untuk BPNT reguler sebanyak 6.301 KPM setelah itu diperluasan pertama bertambah sebanyak 1.565 KPM dan perluasanĀ kedua sebanyak 2.865 KPM. sehingga sampai saat ini
total masyarakat Benteng yang menerima BPNT menjadi 10.731 KPM.

“Ada 2 kali tahapan penambahan atau perluasan. Hal ini merupakan keputusan Kementerian,” jelas Syahrul.

Perluasan tersebut merupakan penambahan kuota penerima BPNT yang mana salah satunya penerima bantuan sosial tunai (BST) dialihkan menjadi penerima BPNT.

“Penerima BPNT ini merupakan data dari Pusdapin pusat, di mana data tersebut disuplai oleh kabupaten, data di tahun 2015. Dan kita hanya meneriman dan menyalurkan bantuan kepada PKM.” katanya.

Dan untuk data terbaru sendiri, Syahrul menjelaskan sampai dengan di tahun 2020 ini hanya baru 4 kecamatan yang selesai pembaruan data.

“Sampai saat ini, data yang dipakai masih data yang lama. Maka dari itu ada temuan atau kepincangan yang terjadi di lapangan, seperti tidak layak lagi dapat. Kita tidak bisa berbuat banyak, karena semuanya itu tergantung usulan Kades dan musyawarah desa.” tutup Kabid. [Hendri Suwi]