PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Proses pendaftaran Calon Bupati – Calon Wakil Bupati ke KPU Rejang Lebong akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 September 2020. Berdasarkan Rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh seluruh Partai Politik yang memiliki kursi di DPRD Rejang Lebong, Calon yang akan besaing memperebutkan Kursi BD 1 K dan BD 2 K diperkirakan hanya 4 pasangan yakni 3 dari partai politik dan 1 pasangan dari calon perseorangan.

Tiga pasangan dari Partai Politik yakni M Fikri – Tarsius Samuji akan diusung oleh Partai Amanat Nasional yang memiliki 2 kursi di DPRD RL dan Partai Perindo yang memiliki 4 Kursi di dewan. Pasangan kedua yang maju lewat jalur parpol yakni Faisal Manaf – Fatrolazi, pasangan ini disukung kualisi besar gabungan 5 partai yang memiliki 14 kursi di dewan yakni PKB 2 Kursi, Demokrat 4 Kursi, Hanura 2 Kursi, Gerindra 2 kursi dan PDIP 4 Kursi yang baru mengeluarkan rekomendasinya. Pasangan ketiga yang mengunakan jalur partai politik yakni pasangan Susilawati – Ruswan yang di usung 2 partai poliktik yakni Partai Golkar yang memiliki 5 kursi dan partai Nasdem memiliki 3 Kursi. Sedangkan pasangan yang maju dari jalur perseoranagan namun juga mendapat dukungan dari partai PKS yang memiliki 2 kursi di DPRD yakni Pasangan Syamsul Efendi – Hendra Wahyudiansyah.

Terpisah Ketua KPU Rejang Lebong Restu Wibowo menyampaikan, agar bisa maju menjadi Calon Bupati/Calon Wakil Bipati di Pilkada Rejang Lebong dari jalur partai politik maka wajib mendapatkan dukungan dari partai dengan membuktikan dukungan tersebut melalui Formulir B1-KWK yang ditandatangani oleh ketua Umum dan Sekjen Parpol pengusung.

“Untuk calon perseorangan melampirkan BA7-KWK perseorangan yang berisi jumlah KTP dukungan yang telah di plenokan KPU Rejang Lebong,” kata Restu.

Sebelumnya, M Fikri telah menyampaikan bahwa dengan dukungan 2 partai politik yakni PAN dan Perindo telah memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai Calon Bupati/ Calon Wakil Bupatj Rejang Lebong.

“Dengan rekomendasi PAN dan PKB yang memiliki 6 kursi di DPRD RL, sudah cukup untuk mendaftar, kita akan memaksimalkan dukungan yang diberikan untuk meraih kemenangan di pilkada Rejang Lebong ini,” kata Fikri.

Disisi lain Faisal Manaf menyampaikan, dalam mengarungi Pilkada Rejang Lebong, ia bersama Fatrolazi tidak hanya menggunakan perahu namun bergerak dengan kapal perang sehingga dalam kontentasi pilkada tidak terombang ambing dan dapat berlayar meski di tengah badai.

“Kita tidak menggunakan perahu karena rentan terkena ombak dan badai sehingga berbalik lagi ke pantai, namun kita akan menggunakan kapal perang sehingga bisa menghadapai badai dan sampai kepada tujuan menenangkan pilkada dan membangun Rejang Lebong,” jelas Faisal.

Sedangkan pasangan Susilawati – Ruswan melalui ketua tim pemenagannya Sopian Junaidi menyampaikan bahwa pasangan calon yang diusung Partai Golkar dan Nasdem ini telah mencukupi syarat mendaftar dan dengan dukungan masyaraka Rejang Lebong yang merindukan pembangunan seperti Zaman Suherman memimpin 2 priode Rejang Lebong menjadi modal besar untuk meraih kemenangan

“Golkar dan Nasdem memiliki 8 kursi tentunya ini sudah lenih dari cukup untuk mendaftar ke KPU, kita optimis dukungan partai dan masyarakat yang memrindukan pembangunan akan membawa kita menjadi pemenag dipilkada Rejang Lebong,” kata Sopian.

Syamsul Efendi dengan pasanganya Hendra Wahyudiansyah yang maju melalu jalur perseoranagan dan mendapatkan dukungan PKS optimis menghadapi Pilkada Rejang Lebong karena mendapatkan dukungan dari masyarakat.

“Yang jelas saat ini kita sudah mengantongi 21.333 suara ini sudah dibuktikan melalu KTP dukungan yang kita serahkan ke KPU, insya Allah ditambah dukungan dari Partai PKS dan Ridho dari Allah kita bisa berbuat untuk kemajuan Rejang Lebong kedepannya,” kata Syamsul Efendi. [Julkifli Sembiring]