Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Desriani saat tes swab.

PedomanBengkulu.com, Mukomuko – Terkait beredarnya kabar yang menceritakan bahwa Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Mukomuko Reaktif Covid-19, Tim Satgas Deteksi Dini Operasi Aman Nusa II Tahun 2020 Polres Mukomuko melakukan klarifikasi terkait pemberitaan tersebut. Klarifikasi disertai Sosialisasi Maklumat Kapolri Nomor 03 Tahun 2020 melalui media sosial pada hari Kamis (24/09/2020).

Hasil klarifikasi, Kapolres Mukomuko AKBP Andy Arisandi, SH, S.IK, MH, menyampaikan, Kadis Kesehatan Mukomuko Saudari Desriani, S.H, pada hari Senin (21/09) telah menjelaskan jika dirinya sudah melakukan rapid test secara mandiri dikediamannya dengan hasil reaktif karena pada saat itu yang bersangkutan sedang mengalami flu.

“Pada hari Rabu (23/09) telah dilakukan rapid test ulang di Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko dengan hasil non reaktif dan kondisi kesehatan sudah mulai membaik. Selanjutnya pada hari Kamis (24/09) juga melakukan tes swab di Kantor Dinas Kesehatan dan berencana mengantarkan langsung hasil Tes Swab tersebut ke laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Kabupaten Mukomuko untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan berupa 4M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan) sekaligus melakukan Sosialisasi Maklumat Kapolri Nomor 03 tahun 2020 melalui akun media sosial Sat Intelkam Polres Mukomuko.

Dari hasil pantau personil yang melaksanakan tersebut berlangsung dengan lancar, aman dan kondusif. Ia mengingatkan agar seluruh pihak lebih selektif dalam menyebarkan suatu informasi agar tidak tersandung masalah hukum. [Angga]