PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Astra Motor Bengkulu bekerja sama dengan Institud Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu memberikan edukasi Safety Riding mengenai Prediksi Bahaya Bagi Pengendara di Jalan Raya. Dalam era Adaptasi Kebiasaan Baru yang diterapkan di Provinsi Bengkulu, edukasi keselamatan berkendara tetap dilakukan dengan menggelar webinar melalui aplikasi zoom.

Webinar ini guna menularkan kebiasaan baik #Cari_aman yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia. Kegiatan ini juga diikuti oleh Wadek 1 Dr. Ali Akbar Jono, M.Pd., Kajur Bahasa Indonesia Dr. Kasmantoni, M.Si dan KaProdi Bahasa Indonesia Heny Friantary, M.Pd., serta dari pihak Kanit Dikyasa Satlantas Polres Bengkulu Ipda Ade Lela Sunarwan yang memberikan materi tentang peraturan berlalu lintas.

Selain itu, Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu Noval Yunaidi memaparkan tentang pentingnya keselamatan berkendara dengan aman menggunakan perlengkapan berkendara yang benar, postur berkendara dan pola-pola berbahaya dijalan raya. Perlengkapan berkendara yang benar menggunakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Pola- pola berbahaya di jalan seperti menghindari daerah blank spot dari kendaraan.

Para peserta diberi game dalam bentuk kuis yang berisi materi tentang presentasi yang diberikan, peserta yang berhasil menjawab dengan benar dan cepat akan mendapatkan salah satu product Apparel Honda. Kegiatan ini dilakukan untuk edukasi pada masyarakat sehingga mampu mengurangi angka kecelakaan yang terjadi khususnya di Kota Bengkulu.

“Semoga pengendara dapat lebih memahami dan lebih berhati-hati dalam berkendara di jalan raya. Dan dengan adanya edukasi ini, kita akan lebih aware dalam berkendara, bukan hanya untuk keselamatan sendiri namun untuk keselamatan semua.” tutup Noval. [Kucir.06]