Spesies dan varian warna batu turmalin (Foto: geology.com)

Jika kamu adalah penggemar batu karena keindahannya, maka seharusnya kamu tahu dengan batu yang satu ini, namanya adalah Tourmaline atau Turmalin, batu mineral kristal yang paling berwarna dari seluruh jenis batuan lainnya yang ada di dunia.

Dikutip geology.com, Turmalin adalah mineral dari boron silikat. Meski memiliki struktur kristal yang sama dengan sifat fisik yang sama juga, yang membuat batu ini berbeda, ia memiliki komposisi kimia yang berbeda-beda sehingga menyebabkan batu ini memiliki banyak warna.

Batu ini adalah jenis batu permata yang paling populer di seluruh dunia, mudah ditemukan di banyak toko perhiasan, namun beberapa di antaranya adalah jenis yang langka dan sering diharga lebih oleh kolektor yang mengerti bebatuan, bahkan hingga seribu dolar.

Satu hal lagi dari sebuah batu permata, adalah tingkat kekerasannya. Untuk Turmalin, batu ini memiliki tingkat kekerasan yang bisa membuat tahan lama, yaitu kekerasan 7 Mohs (Satuan). Tidak hanya itu, batu ini juga relatif tahan terhadap korosi senyawa kimia.

Batu turmalin yang terkenal di dunia adalah yang berasal dari Brasil yang memang telah dikenal lebih dari 500 tahun sebagai daerah penghasil turmalin, setelah penemuan penjelajah Portugis menemukan turmalin hijau di Brasil. Ketika penduduk lokal sibuk menambang emas, para penjelajah justru berpikir batu ini adalah zamrud atau safir.

Karena kesalahan identifikasi, batu ini baru diidentifikasi kemudian sekitar tahun 1800an dan kemudian membuat batu turmalin mulai diperjualbelikan. Tambang komersil pertama dibukan di Amerika Serikat sekitar tahun 1821. [Ricky]