Yudi Ardiyandi

PedomanBengkulu.com, Lebong – Ide seseorang bisa datang kapan saja, seperti halnya dengan apa yang dilakukan Yudi Ardiyandi (39), warga Kelurahan Embong Panjang Kecamatan Lebong Tengah Kabupaten Lebong, yang mendapatkan ide membuat aplikasi Mulya Kurir. Aplikasi antar jemput dan delivery berbasis online untuk kawasan Kabupaten Lebong tersebut, muncul disaat dirinya diharuskan berisitirahat penuh atas saran dokter

Dari pengalamannya selama istirahat penuh tersebut, dirinya yang mengalami kesulitan ingin belanja makanan, maupun mengorder keperluan lainnya tetapi tidak bisa keluar rumah dan tercetuslah ide membuat sebuah Aplikasi Mulya Kurir. Selain itu, kehadiran Mulya Kurir juga sebagai dukungan untuk tumbuhnya geliat ekonomi, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), baik itu kuliner maupun usaha lainnya.

Bukan hanya fokus pada delivery kuliner, sejumlah mitra juga menjajahkan sejumlah usaha UKM yang ada di Kabupaten Lebong. Setidaknya melalui aplikasi ini, Mulya Kurir berusaha menjembatani sejumlah pelaku UKM dengan customer, dengan jaminan kejelasan transaksi yang berbasis Aplikasi online.

Aplikasi Mulya Kurir sekarang bisa download di Google play store, meskipun baru diluncurkan pada 12 Oktober 2020 lalu, sambutan masyarakat Kabupaten Lebong cukup bagus. Untuk saat ini sudah tergabung 66 mitra UKM dan terdapat ada 18 orang driver, yang siap melayani antar jemput dan delivery order masyarakat. Bahkan per hari Selasa (20/10/2020), aplikasi Mulya Kurir sudah ada 612 masyarakat pengguna yang sudah terdaftar.

“Mulya Kurir adalah aplikasi yang hadir untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Lebong untuk mendapatkan layanan delivery dan antar jemput. Dengan dilayani oleh para driver yang terdaftar,” ungkap pria yang juga merupakan Ketua Komunitas Fotografer Lebong (KFL) kepada PedomanBengkulu.com di angkringan Mulya Hospot Embong Panjang Selasa (20/10/2020) siang.

Ditambahkan Yudi, selain untuk menjembatani transaksi Mitra UKM dengan masyarakat berbasis online, didalam aplikasi Mulya Kurir juga menempatkan sejumlah link media online, untuk update terkait kabar berita terbaru di Kabupaten Lebong.

“Sembari customer menunggu pesanannya tiba, mereka juga bisa membaca berita terbaru seputar Lebong. Karena didalam aplikasi ini kami juga memasukkan sejumlah link media online. Pengguna Mulya Kurir bisa masuk ke website media online secara langsung, karena posisi Mulya Kurir hanya mengarahkan saja. Termasuk PedomanBengkulu.com dan media lainnya, bisa langsung diklik saat membuka aplikasi Mulya Kurir,” bebernya.

Pada dasarnya, lanjut Yudi, dirinya berharap kehadiran Mulya Kurir dapat menjadi bagian solusi dan promosi pelaku UKM dan membuka lapangan kerja baru bagi para driver Mulya Kurir. Tentunya juga untuk memberikan kenyamanan masyarakat yang ingin belanja tapi malas keluar atau dengan alasan lainnya.

“Kritik dan saran kami sangat terbuka, karena suatu masukan sangat berarti untuk peningkatan layanan kami,” demikian Yudi.[Supriyadi]