PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Kepolisian Sektor (Polsek) Giri Mulya Polres Bengkulu Utara berhasil mengamankan empat pelaku percurian ternak. Keempat pelaku curnak, berhasil ditangkap pada (16/10/2020) sekira pukul 14.00 wib, bertempat di Desa Pasar Ketahun Kecamatan Ketahun.

Kapolsek Giri Mulya Iptu Ryo Kun Atmojo menjelaskan, keempat pelaku bukan berasal dari kecamatan yang berbeda, yakni SW (24) warga Kecamatan Padang Jaya, SR (24), MAW (20) warga Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara, sedangkan satu pelaku dari IF (21) merupakan warga Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko.

“Keempat pelaku melakukan aksinya pada (06/6/2020) lalu di wilayah exs tambang batu bara, Desa Suka Makmur, Kecamatan Guri Mulya,” jelas Kapolsek, Selasa (20/10/2020)

Lanjut Kapolsek, dalam aksinya keempat tersangka pencurian ternak berhasil menggasak 4 ekor sapi milik Bambang (36) Sahawi (67) dan Damin (66). Korban mengetahui sapinya dicuri saat hendak menggembala sapi, dan melihat sapi miliknya sudah tidak berada di lokasi. Melihat sapinya tidak ada, korban melaporkan kejadian tersebut ke kepala dusun (kadun) setempat, setelah itu bersama kadun, mereka melaporkan ke Polsek Giri Mulya.

“Unit Reskrim Polsek, dibantu Bhabin dan Sabhara, akhirnya keempat pelaku berhasil kita amankan, beserta barang bukti 1 unit mobil truk Toyota Dyna yang digunakan pelaku untuk membawa hasil curian, dan 1 unit motor. Kemudian beberapa lembar baju dan celana yang dibeli oleh pelaku dari hasil uang penjualan sapi curian tersebut,” jelasnya.

Ditambahkan Kapolsek, hasil dari pencurian tersebut, keempat tersangka mendapat bagian Rp. 1,6 juta, namun secara keseluruhan jumlah uang dari penjualan sapi belum diketahui, karena 2 orang yang bertugas menjual sapi masih buron. Kerugian yang dialami korban berkisar Rp. 40 juta.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 1 dan ke 4 KUHP, dengan ancaman penjara maksimal 7 tahun,” pungkasnya. [Sugeng]