PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Menjelang selesainya jabatan Bupati Ferry Ramli yang telah dua periode menjabat sebagai Bupati Bengkulu Tengah (Benteng) dinilai gagal membangun infrastruktur terkhusus infrastruktur jalan kabupaten. Seperti halnya ruas jalan kabupaten menuju sejumlah desa di Kecamatan Bang Haji Kabupaten Benteng mengalami kerusakan berat dan belum tersentuh pembangunan. Hingga akhir tahun 2020, jalan yang menghubungkan antara Desa Air Napal, Genting dan Talang Panjang Panjang Kecamatan Bang Haji tak kunjung dibangun.

Saat dikonfirmasi PedomanBengkulu.com pada Rabu (28/10/2020) Camat Bang Haji, Iswahyudi, S.Sos menjelaskan sepanjang 15 kilometer (Km) jalan di kecamatan Bang Haji sangat memprihatinkan dan perlu tanggapan yang serius dari pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Benteng.

“Ada beberapa desa jalannya sangat memprihatinkan saat ini, totalnya ada sekitar 15 Km dengan kondisi masih sebatas koral dan banyak yang berlumpur yang sudah rusak parah. Kalau seperti musim hujan saat ini, jalan susah untuk dilewati dan desa-desa terisolir di dalam sana tanpa bisa melakukan aktivitas apapun,” kata Iswahyudi.

Camat Bang Haji juga menjelaskan, beberapa bulan yang lalu Pemda Benteng beserta tim PUPR dan DPRD Benteng telah meninjau dan melihat langsung kondisi jalan tersebut. Sebelumnya untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat, Iswahyudi mengaku pihaknya sudah melayangkan surat resmi ke Pemda melalui OPD teknis. Baik itu Dinas PUPR dan Bappeda Benteng.

“Sudah dikunjungi oleh tim terpadu tingkat kabupaten. Di sana hadir langsung Ketua DPRD, Waka II, Sekda dan staf dari OPD terkait. Dan sesuai perintah pak Bupati, jalan tersebut akan dibangun tahun 2020 ini namun dari informasi yang didapat, sampai saat ini jalan tersebut belum masuk dalam SK ruas jalan Kabupaten Benteng, lantaran dikelilingi oleh HGU perkebunan PT Bio.” jelas Camat.

Dalam berita PedomanBengkulu.com sebelumnya yang terbit tanggal 17 Juni 2020 disampaikan Edi Hermansyah Sekda Benteng, saat melakukan pemantauan secara langsung, berdasarkan Perda Nomor 15 Tahun 2015 jalan yang selama ini dimanfaatkan oleh perkebunan sawit PT Bio Nusantara Teknologi merupakan jalan kabupaten.

“Jalan simpang Beleben Kecamatan Pondok Kelapa hingga simpang desa Air Napal Kecamatan Bang Haji merupakan jalan kabupaten.” jelas Edy pada berita sebelumnya. [Hendri Suwi]