PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu siap menetapkan Agusrin M Najamudin dan Imron Rosyadi sebagai Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu 2020 sesuai keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang memutuskan bahwa Agusrin-Imron lolos menjadi peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu
Eko Sugianto saat diwawancarai di Kantornya, Sabtu (17/10/2020) mengatakan, berdasarkan Undang Undang nomor 10 tahun 2016 yang mengatur tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang tertera di pasal 144 ayat 1 bahwa keputusan Bawaslu mengikat. Serta pasal 2 yang berbunyi bahwa KPU wajib menindaklanjuti keputusan Bawaslu sesuai regulasi dalam tempo waktu paling lama 3 hari kerja.

“Ini bagi KPU dengan poin yang sangat jelas di Pasal 144 kita harus melaksanakan putusan Bawaslu untuk kemudian menindaklanjuti sesuai regulasi yang ada,” kata Eko Sugianto.

Maka dari itu, sambung Eko Sugianto, KPU akan memberikan nomor urut 3 kepada Agusrin-Imron setelah ditetapkan sebagai Paslon.

“Artinya nanti akan ada tiga Paslon di Pemilihan Gubernur ini,” ungkap Eko Sugianto.

Setelah ditetapkan sebagai Paslon, KPU mewajibkan Agusrin-Imron membuat rekening khusus dana kampanye dan menyampaikan dana awal kampanye.

“Jadi ada hak dan kewajiban juga yang harus dipenuhi oleh Paslon,” jelas Eko Sugianto. [Anto]