PedomanBengkulu.com, Seluma – Kejaksaan Negeri Seluma, segera melakukan eksekusi terhadap lahan milik perusahaan yang dimiliki anak dari mantan Bupati Seluma Murman Effendi, bernama Joresmin Nuryadin. Lahan tersebut disita atas perkara korupsi proyek Multiyears Seluma tahun 2011-2012, yang menjerat PT. Puguk Sakti Permai (PT.PSP) sebagia terpidana korporasi. Saat ini perkara tersebut telah dinyatakan inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Lahan yang akan dilakukan eksekusi dan pelelangan berada di kawasan Ampar Gading, kelurahan Lubuk Lintang, tak jauh dari rumah dinas Bupati Seluma. Dari pantauan lokasi lahan tersebut sudah dalam kondisi tak terawat, dan ditumbuhi ilalang. Tim dari Kejari Seluma telah melakukan pengecekan langsung ke lahan tersebut beberapa waktu lalu.

Kajari Seluma, M. Ali Akbar menyatakan, pihaknya saat ini sedang menunggu penilaian aset yang dilakukan KPKNL, sebelum melaksanakan eksekusi lahan, dan kemudian dilakukan pelelangan. Hasil dari penjualan lahan tersebut nantinya akan dikembalikan ke kas negara.

“Sedang dilakukan proses penilaian, itu dari perkara korporasi mantan Bupati, dan nanti akan dilelang,” jelas Ali saat dikonfirmasi (20/10/2020).

Adapun dalam perkara korupsi multiyears Seluma, telah menyeret mantan Bupati Seluma Murman Effendi, dan Joresmin Nuryadin selaku pemilik perusahaan PT. Puguk Sakti Permai. Perusahaan tersebut juga dijerat sebagai terpidana korporasi, dan diwajibkan membayar denda. Sejumlah aset milik perusahaan juga diperintahkan untuk disita. [IT2006]