PedomanBengkulu.com, Seluma – Jalan raya Ampar Gading yang menghubungkan kawasan Simpang Enam dengan Komplek Perumahan Dinas Pemkab Seluma hingga saat ini masih dalam kondisi rusak, karena mengalami amblas saat cuaca buruk beberapa waktu lalu. Rencananya jalan tersebut akan kembali diperbaiki, agar bisa kembali dilalui.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Seluma menyatakakan jalan tersebut tidak akan dibiarkan dalam kondisi rusak. Jalan akan kembali dilakukan perbaikan, namun tidak menggunakan anggaran dari Dinas PUPR. Perbaikan akan dilakukan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma.

“Karena jalan tersebut rusaknya karena faktor alam, maka kami usulkan agar jalan tersebut bisa diperbaiki oleh BPBD. Saat ini sedang kami koodinasikan dengan pihak BPBD,” jelas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Seluma, M. Saipullah (27/10/2020).

Saipullah membenarkan jika jalan tersebut kembali diperbaiki, akan dilakukan perubahan kontruksi dengan jenis kontruksi sebelumnya. Ini dilakukan untuk mencegah kerusakan kembali jika cuaca buruk melanda.

“Karana tempat jalan tersebut dilalui air jika hujan deras, maka sebaiknya diperbaiki dengan membangun paku bumi. Jika sudah dibangun dengan kontruksi tersebut, jalan tidak akan rusak kembali,” jelas Saipullah.

Adapun jalan di Ampar Gading mengalami kerusakan sejak setahun terakhir, meski baru saja dibangun. Sebelumnya jalan mengalami rusak sejak berada di masa pemeliharaan. [IT2006]