PedomanBengkulu.com, Seluma – Kegiatan donor darah dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Dinas Kominfo Kabupaten pada selasa (27/10/2020). Donor darah dilaksanakan dalam rangka hari Sumpah Pemuda 2020. Belasan wartawan dari berbagai media massa yang tergabung dalam PWI, sejumlah pejabat, PNS dan staf di Pemkab Seluma berpartisipasi menyumbangkan darah.

Seluruh peserta pendonor darah yang berpartisipasi terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran tensi darah, dan jika dinyatakan sehat maka akan langsung dilakukan pengambilan darah. Kemudian peserta akan langsung dilakukan pengambilan darah selama 15 ampai 20 menit, dan selanjutnya baru diberi makanan bergizi sebagai penambah energi.

“Pada hari ini kami laksanakan kembali donor darah, dan kali ini dalam rangka peringatan sumpah pemuda. Tentu kegiatan ini kami laksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan agar tak menjadi tempat penularan Covid-19,” jelas Kadis Kominfo Kabupaten Seluma, Hendarsyah.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan untuk membantu ketersediaan darah di PMI, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Khususnya untuk jenis darah tertentu yang agak sulit didapat saat terdapat masyarakat membutuhkan darah.

“Saya harapkan setelah ini kegiatan donor darah dapat terus dilaksanakan dengan rutin, sehingga kebutuhan darah di Seluma ini dapat tercukupi,” jelas Ketua PWI Kabupaten Seluma Erlin Marfiansya.

Sementara itu dari hasil kegiatan donor darah ini, berhasil dikumpulkan 31 kantong darah. Darah dari pendonor telah diterima oleh PMI untuk disimpan. [IT2006]