Pedomanbengkulu.com, Seluma – Seorang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) diduga berpihak dan ikut bergabung ke salah satu tim pemenangan pasangan calon Bupati – Wakil Bupati Seluma untuk Pilkada 2020. Oknum TKSK tersebut diduga ikut hadir dalam kegiatan dan pertemuan yang dilaksanakan tim pemenangan.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Seluma, Suryadi (18/10/2020) membenarkan adanya informasi mengenai dugaan keterlibatan TKSK. Ia mengatakan laporan tersebut bukan secara langsung dilaporkan oleh warga, melainkan berbentuk pengaduan.

“Itu namanya informasi awal, informasi awal itu bukan yang dilaporkan langsung kepad kami, tetapi disampaikan melalui pesan singkat, sosial media atau yang lainnya,” jelas Suryadi.

Suryadi mengatakan, meski berbentuk pengaduan, dugaan keterlibatan TKSK tersebut tetap ditindak lanjuti, sesuai prosedur penanganan dugaan pelanggaran yang diatur Bawaslu. Pihaknya akan melakukan pendalaman terkait kebenaran informasi tersebut.

“Akan kami lakukan penelusuran. Penulusuran itu bisa berupa kami turun ke lapangan langsung, bisa juga kami lakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan. Hasilnya nanti baru kami akan tetapkan sebagai temuan dugaan pelanggaran,” jelasnya.

Adapun TKSK yang bekerja berdasarkan kontrak dari Kementerian Sosial, bertugas untuk membantu masyarakat dalam melakukan pendampingan dan dalam rangka penuntasan permasalahan kesejahteraan sosial di masyarakat. TKSK dilarang untuk terlibat dalam kegiatan politik, dengan tergabung ke dalam tim pemenangan atau ikut kegiatan tim pemenangan calon legislatif, dan kepala daerah. [IT2006]